EXPLORING RHETORICAL MOVES TAUGHT BY THE LECTURER AND PRACTICED BY STUDENTS FOR THE CLASSROOM PRESENTATION
Presentasi adalah salah satu tugas yang diberikan dosen kepada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana gerak retorika digunakan dalam pengajaran dan pembelajaran presentasi secara lisan. Ini terdiri dari (I) Gerak retorika apa yang diajarkan oleh dosen untuk presentasi lisan, (II) Bagaimana siswa menerapkan gerak retorika dalam presentasi lisan mereka, (III) Bagaimana siswa menanggapi pengetahuan mereka dan penerapan gerak retorika di presentasi mereka.
Cara untuk menyelidiki poin-poin tersebut dengan menggunakan studi kualitatif adalah dengan melakukan observasi, transkripsi, dan wawancara. Satu dosen dan enam mahasiswa merupakan peserta yang diambil dari perguruan tinggi. Observasi dilakukan di kelas tatap muka dimana dosen langsung mengajar mahasiswa melalui cara menyampaikan presentasi lisan menggunakan metode gerak retorik, dan cara mahasiswa menyajikan metode pengajaran pada pembelajaran mereka untuk menyampaikan presentasi lisan di setiap kelas mingguan. Rekaman sebagai alat bantu dapat digunakan untuk mengingat kembali proses belajar mengajar dengan membuat transkrip, dan juga untuk merekam wawancara.
Dalam temuan data menunjukkan bahwa ada tiga jenis langkah yang muncul pada perkuliahan tentang langkah berpresentasi meliputi langkah pendahuluan, isi, dan kesimpulan. Dosen dalam mengajar langkah pendahuluan dalam berpresentasi dengan menggunakan sapaan, memperkenalkan yang lain, memperkenalkan topik, dan menjelaskan tujuan presentasi. Untuk melangkah pada isi presentasi menggunakan penjelasan secara berpoin, memberikan contoh, sedangkan melangkah dalam menyimpulkan presentasi dilakukan dengan cara meringkas, mengucapkan terima kasih, dan membuka sesi tanya jawab. Sementara itu, mahasiswa juga menerapkan tiga langkah dalam menyampaikan presentasinya dengan beberapa langkah yang telah dipaparkan oleh dosen. Hanya ada dua langkah yang dihilangkan untuk digunakan oleh mereka termasuk menjelaskan tujuan penyajian dan langkah meringkas. Penghapusan salah satu tahapan ini disebabkan ketidak konsistenan dalam mengajar menggunakan beberapa langkah dalam berpresentasi di setiap pertemuan. Selain itu, instruksi penggunaan langkah-langkah berpresentasi tidak disediakan untuk beberapa, hanya sebagian saja. Selain itu, tidak ada tekanan dalam menetapkan beberapa langkah untuk mencapai presentasi dengan baik. Selanjutnya, pengetahuan dan aplikasi siswa diberikan melalui cara pencapaian gerak berpresentasi yang kurang.
A presentation is kind of task which is given by the lecturer to the students. This study is aimed to reveal how rhetorical move employed on teaching and learning oral presentation. It consist of (I) What rhetorical moves taught by the lecturer for oral presentation, (II) How the students apply rhetorical moves in their oral presentations, (III) How the students respond to their knowledge and application of the rhetorical moves in their oral presentation.
The way to investigate those points uses qualitative study by doing the observation, transcription, and interview. One lecturer and six students is the participant taken from the higher education. the observation conducted in face to face classroom where the lecturer directly teach the students through the way to deliver the oral presentation uses rhetorical move method, and the way students serve the teaching method on their learning for delivering oral presentation in every weekly classroom. The recording as the tool was able to be used to recall both the teaching and learning process with the form to make a transcription, and to record the interview also.
In the finding the data shows that there are three moves types which appear on lecturing about oral presentation including introduction, body and conclusion move. The lecturer, in stepping the introduction move by using greeting, introducing another, introducing the topic, and explaining the purpose of presentation. To step the body move used moving to the point, and giving example, while conclusion move is stepped by summarization, thanking, and inviting question and answer section. Meanwhile, students also apply three moves in delivering their presentation with some steps which has been exposed by the lecturer. There were only two steps eliminated to use by them including explaining the purpose of presentation and summarization step. This elimination of any steps is caused from the inconsistency in stepping the move of lecturing on oral presentation in every meeting. Besides that, the instruction of the steps usage was not provide for some which only part of it. Other than that, there is no pressure in establishing some step in each move to attain presentation properly. Further, students’ knowledge and application provided through the less of move presentation attainment.