ABSTRAK
Subaidah, 2019. Sistem Penjaminan Mutu Internal Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Disertasi, Program Studi Manajemen Pendidikan, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Bambang Suratman, M.Pd.,dan (II) Prof. Dr. Murtadlo, M.Pd.
Kata-kata Kunci: penetapan standar, pelaksanaan standar, evaluasi standar, pengendalian standar, peningkatan standar, sistem penjaminan mutu internal.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang berkaitan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi berdasarkan Standar Dikti pada Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (STKIP).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan multi kasus. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi partisipan, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan dua tahap yaitu analisis kasus tunggal dan analisis lintas kasus. Teknik keabsahan data dilakukan dengan langkah-langkah kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan 5 hal bahwa: pertama, penetapan standar Dikti pada penjaminan mutu internal mengacu pada berbagai sumber termasuk standar nasional pendidikan tinggi dan melebihinya, karakteristik institusi, dan kebutuhan pemangku kepentingan (stakeholder). Kedua, pelaksanaan standar Dikti dimanifestasikan dengan menyosialisaikan standar kepada pihak pembuat dan pelaksana dengan media secara tepat, agar mempermudah pelaksanaan dan pencapaian. Ketiga, evaluasi pelaksanaan standar Dikti harus dijalankan dengan aktivitas kontinu dan berkelanjutan oleh pihak yang terkait, untuk mengetahui berbagai kendala, faktor penyebab, dan antisipasinya dengan prinsip menjaga kualitas standar. Keempat, pengendalian standar Dikti dilakukan berbasis pada pokok permasalahan, bersifat antisipatif, dengan tujuan pencapaian standar, dan didukung dengan sumber daya manusia yang kompeten. Kelima, peningkatan standar Dikti pada penjaminan mutu internal harus dilakukan peninjauan dan pengkajian ulang terhadap hasil evaluasi oleh pihak yang terkait terhadap standar, baik dalam bentuk peningkatan maupun penetapan standar baru.
Dengan demikian, mengonstruksi mutu internal institusi dengan kaidah yang baik dan benar, harus diformulasikan dengan penetapan standar mutu, pelaksanakan secara kontinu dan berkelanjutan, evaluasi, pengendalian, dan peningkatan standar yang didukung dengan sumber daya manusia berkompeten.
ABSTRACT
Subaidah, 2019. Internal Quality Assurance System of Teacher Training and Science of Education of Higher Education. Dissertation. Study Program Management of Education, Graduate School Surabaya State University. Advisor: (I) Prof. Dr. Bambang Suratman, M.Pd. and (II) Prof. Dr. Murtadlo, M.Pd.
Keywords: standard setting, standard implementation, evaluation, standard, standard control, standard increase, internal quality assurance system
This research is aimed to analyze and descripe Internal Quality Assurance System which related to higher education Tri Dharma based on Dikti Standard in Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan/ teacher training and science of education of higher education (STKIP)
This research uses quality approach with multi cases design. The technique in gathering data are with interview, participants observation, documentation. The data is going to be analyzed with two phases, i.e. single case analysis and cross case analysis.
The result of this research is Dikti standard setting in internal quality assurance that refers to various sources including national standard of higher education and what exceeds them, institution characteristics, and stakeholders’ need. The implementation of Dikti standard is manifested with standard socialization to the creators and the implementers’ party with media appropriately so that it is easier in the implementation and the achievement. The evaluation of the the Dikti standard implementation must be carried out with continued and sustainable activities by the related parties, to find out various constraints causal factors along with the anticipation with the principle of maintaining quality standard. The Dikti standard control is carried out on the basis of main problem, anticipative in nature, with the aim of achieving the standard, and supported by competent human resources. The enhancement of Dikti standard on internal quality assurance should be done with review and assessment towards the evaluation result by related parties of the standards, both in the form of enhancement and new standard setting. Therefore, construction of internal quality institution with good and suitable requirements, have to be formulated along with the quality standard setting, the continued and sustainable implementation, the evaluation, the control, the enhancement and supported by competent human resources.