Sanggar Tari Kapencot Ateh merupakan salah satu sanggar yang dikenal oleh masyarakat Pamekasan dan memiliki prestasi menonjol sehingga menarik minat masyarakat dalam berkesenian dan mempelajari mengenai seni tari di sanggar ini Oleh karena itu peneliti merasa tertarik untuk mengadakan penelitian yang berjudul Pembelajaran Seni Tari di Sanggar Tari Kapencot Ateh Kabupaten Pamekasan Sanggar Tari Kapencot Ateh berdiri pada tahun 2008 pimpinan dari Elies Mei Yuliana yang menampung minat masyarakat Pamekasan dalam bidang seni tari
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab dua permasalahan yang diajukan yaitu 1 Bagaimanakah proses pembelajaran seni tari di Sanggar Tari Kapencot Ateh Kabupaten Pamekasan 2 Bagaimana usaha yang dilakukan Sanggar Tari Kapencot Ateh untuk meningkatkan kualitas dan eksistensi Sanggar Tari Kapencot Ateh Sanggar Tari Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif pendekatan kualitatif Teknik pengumpulan data dalam peneltian ini menggunakan metode pengamatan wawancara dan dokumentasi Data di analisis dengan teknik reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis data penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran Seni Tari di Sanggar Tari Kapencot Ateh terdapat beberapa komponen dalam pembelajaran yang saling keterkaitan diantaranya yaitu Guru Pelatih Siswa Tujuan Metode KBM Materi Alat Media Sumber Belajar dan Evaluasi Proses Pembelajaran di Sanggar komponen yang sangat mendukung adalah pelatih metode dan media Adapun Proses Pembelajaran di Sanggar sebelum memasuki proses pembelajaran siswa melakukan pemanasan selama 20 menit untuk mempersiapkan tubuh sebelum dimulainya materi Materi di sampaikan dengan menggunakan beberapa metode yaitu metode latihan drill mirroring dan imitasi Keberhasilan dari proses pembelajaran dapat dilihat dengan terciptanya berbagai karya karya tari dan prestasi yang dicapai oleh Sanggar Tari Kapencot Ateh
Kata kunci Pembelajaran Seni Tari Sanggar Kualitas Eksistensi
Kapencot Ateh dance studio is one of the dance studio known by the Pamekasan community and has prominent achievements that attract the interest of the community in the arts and learn about dance in this studio Therefore the researcher felt interested in conducting a entitled Learning dance in the Kapencot Ateh dance studio or Pamekasan district Kapencot Ateh dance studio is estlablished in 2008 the leader of the Elies Mei Yuliana group wich accomodates the interest of the community in the field of dance
The purpose of this study is to answer the two probelms raised namely 1 What is the process of learning dance in the Kapencot Ateh dance studio in the city of Pamekasan District 2 How the efforts made by Kapencot Ateh dance studio to improve the quality and existance of dance studio This study uses a qualitative type descriptive research approach Data collection techniques in this study used interview observation and documentation methods Data were analyzed by data reduction techniques data presentation and conclusion drawing
Based one the results of the research data analysisit can be concluded that the learning of dance in the Kapencot Ateh dance studio or there are several components in interrelated learning including the teacher or trainerstudents goals methods teaching and learning activities materials tools media learning resources and evaluation The learning process in the studio a component that is very supportive is the teacher or coach method and media As for the learning process in the studio before entering the learning process students warm up for 20 minutes to prepare the body before the material starts The material is conveyed by using several methods namely the method of training or drill mirroring and imitation The succes of the learning process can be seen by the creation of various woks of dance and achievements achieved by Studio Kapencot Ateh
Keyword Leraning dance studio quality existence