INSTAGRAM FOR ENHANCING EIGHTH-GRADE STUDENTS’ WRITING QUALITY IN WRITING A PERSONAL RECOUNT TEXT
Kata kunci: Instagram, kemampuan menulis, kualitas tulisan
Kehadiran teknologi dan media sosial telah membawa perkembangan di bidang pendidikan, dan salah satunya adalah pelajaran bahasa. Diasumsikan bahwa kehadiran situs jejaring sosial (SNS) seperti aplikasi Instagram ke dalam kelas akan menimbulkan banyak dampak menguntungkan bagi siswa, terutama di kelas menulis bahasa Inggris. Sebagian besar siswa percaya bahwa menulis adalah keterampilan yang paling menantang untuk dikuasai karena kesulitannya. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Instagram pada siswa kelas delapan dalam kualitas tulisan mereka. Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dengan menggunakan non-randomized sampling, oleh karena itu, peneliti melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Ada 37 siswa dari kelompok eksperimen. Sementara itu, 27 siswa dari kelompok kontrol terlibat. Peneliti menggunakan Instagram sebagai media dalam kegiatan menulis selama perawatan, sedangkan kelompok kontrol diajarkan secara konvensional. Instrumen penelitian adalah tes berbasis kertas dan penilaian rubrik menulis. Data diperoleh dari hasil pre-test dan post-test. Oleh karena itu, peneliti menghitung data menggunakan perhitungan T-test dan eta square. Hasilnya, post-test berbasis kertas menunjukkan bahwa skor rata-rata kelompok eksperimen adalah 76; Sementara itu, kelompok kontrol lebih tinggi 76,74. Kedua kelompok menunjukkan perbedaan yang signifikan berdasarkan perhitungan T-test, namun, perhitungan eta kuadrat yang menghasilkan 0,52 mengungkapkan bahwa Instagram memberikan efek yang kuat pada kualitas tulisan siswa yang dapat dilihat dari skor yang mereka dapatkan pada setiap komponen tulisan. Singkatnya, dapat diasumsikan bahwa Instagram dapat mempengaruhi kualitas tulisan siswa.
Keywords: Instagram, writing skills, writing quality
The presence of technology and social media has brought development in the fields of education, and one of those is language lesson. It is assumed that the presence of social networking sites (SNS) such as the Instagram application into the classroom will lead to many beneficial impacts on students, especially in English writing class. Most students believe that writing is the most challenging skill to master because of its difficulty. Thus, this study aims to find out the effect of Instagram on eighth-grade students’ in their quality of writing. The design of this study was quantitative research. Using non-randomized sampling, therefore, the researcher involved two groups, which were the experimental group and the control group. There were 37 students from the experimental group. Meanwhile, 27 students from the control group were involved. The researcher used Instagram as a medium in writing activities during the treatment, whereas the control group was taught conventionally. The research instruments were paper-based test and writing rubric assessment. The data were obtained from the pre-test and post-test results. Therefore, the researcher computed the data using the T-test calculation and eta square. As a result, the paper-based post-test showed that the mean score the experimental group was 76; meanwhile, the control group was higher 76.74. Both groups showed significant difference based on the T-test calculation, however, the eta square calculation which resulted in 0.52 revealed that Instagram gave strong effect on the students’ writing quality which can be seen from the score of they got on each writing components. In short, it can be assumed that Instagram can affect students’ writing quality.