Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis ada atau tidaknya pengaruh permainan engklek modifikasi terhadap pemahaman pendidikan seks anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dan desain yang digunakan kuasi eksperimen dengan jenis non-equivalent control group design. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi partisipan. Teknik observasi partisipan digunakan untuk memperoleh data kuantitatif tentang aktivitas anak dalam kegiatan permainan engklek modifikasi untuk memberikan pemahaman pendidikan seks. Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelompok B RA Miftahul Ulum Kota Kediri yang berjumlah 40 anak. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan Independent Sample T-test yang dibantu program SPSS for Windows versi 22. Hasil perhitungan data menggunakan T-test, dengan taraf signifikansi 0,05 dari banyaknya n1=20, dan n2=20 diperoleh hasil nilai rata-rata (mean) data kenaikan selisih post-test pre-test pada kelompok kontrol sebesar 2,05 sedangkan pada kelompok eksperimen sebesar 9,50. Maka, didapatkan hasil dari uji hipotesis bahwa nilai sig 2 tailed ( p value) sebesar 0,00 dimana nilai ini lebih kecil dari nilai batas signifikansi alfa 0,05 atau (0,00 < 0,05). Dapat ditarik kesimpulan bahwa, Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan analisis data tersebut dinyatakan bahwa ada pengaruh permainan engklek modifikasi terhadap pemahaman pendidikan seks anak usia 5-6 tahun.
Kata kunci: permainan engklek modifikasi, pemahaman pendidikan seks.
The purpose of this study was to analyze the presence or absence of the influence of modified engklek play on the understanding of sex education for children aged 5-6 years. The research method used is quantitative and the design used quasi-experiment with the type of non-equivalent control group design. Data were collected using participant observation techniques. The participant observation technique is used to obtain quantitative data about children's activities in modified engklek games to provide an understanding of sex education. The sample in this study were the children of group B RA Miftahul Ulum Kota Kediri, amounting to 40 children. The collected data was analyzed using the Independent Sample T-test assisted by the SPSS for Windows version 22 program. The results of data calculations using a T-test, with a significance level of 0.05 from the number n1 = 20, and n2 = 20 obtained the results of the average value (mean) of the increase in the difference in the post-test pre-test in the control group of 2.05 while in the experimental group at 9.50. So, the results obtained from the hypothesis test that the value of sig 2 tailed (p value) is 0.00 where this value is smaller than the limit value of alpha significance 0.05 or (0.00 <0.05). It can be concluded that, Ho is rejected and Ha is accepted. Based on the analysis of the data it was stated that there was an effect of modification of the engklek game on the understanding of sex education for children aged 5-6 years.
Keywords: modified engklek game, understanding of sex education.