Penggunaan media pembelajaran yang lebih ke power teks membuat siswa kurang tertarik dalam pembelajaran dan pemahaman siswa yang belum maksimal dibuktikan dengan hasil belajar siswa sebesar 82% di bawah KKM. Penelitian pengembangan ini memiliki tujuan yaitu mendeskripsikan kelayakan, mengukur respon siswa, dan mengukur pemahaman siswa dari penggunaan media pembelajaran berbasis mind mapping pada mata pelajaran ekonomi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, meliputi analysis-design-development-implementation-evaluation. Hasil penelitian media pembelajaran ini menunjukkan tingkat kelayakan materi sebesar 87% dengan kriteria sangat layak, kelayakan media sebesar 82% dengan kriteria sangat layak. Dari keseluruhan diperoleh rata-rata sebesar 84,5% dengan kriteria sangat layak. Pada respon siswa diperoeh prosentase sebesar 86,54% dengan kriteria sangat baik. Hasil uji coba produk juga menujukkan bahwa media pembelajaran berbasis mind mapping dapat meningkatkan pemahaman siswa, ditunjukkan dengan peningkatan hasil pre-test terhadap post-tes menggunakan analisis uji t dengan hasil signifikansi ɑ = 0,000 < 0,05. Dengan demikian, media pembelajaran berbasis mind mapping pada mata pelajaran ekonomi dinyatakan sangat layak digunakan dan mampu meningkatkan pemahaman siswa dalam mata pelajaran ekonomi.
The use of learning media that is more about power text makes students less interested in learning and understanding of students who have not been maximally proven with student learning outcomes by 82% under KKM. This objective consists of describe the feasibility, measure student response and measure students’ understanding of the use of learning media based mind mapping on ecnomic subjects . The type of research used is Research and Development (R&D) with an ADDIE development model, including analysis-design-development-implementation-evaluation. This result of this learning media show a content feasibility level of 87% with very feasible criteria, a feasibility of media of 82% with very feasible criteria. From the whole obtained an average of 84,5% with very decent criteria. In the student’s response found a percentage of 86,54% with very good criteria. The product test result also show that media and learning based mind mapping can improve student understanding, as indicated by the results increase in pretest results against posttest used t test analysis with the result of significance ɑ = 0,000 < 0,05. Thus, learning media based mind mapping on economics resourcs and able to improve student understanding in economic subjects.