DEVELOPMENT OF STUDENT WORKSHEETS ELECTRONIC (E-LKPD) FOR GEOMETRY TRANSFORMATION MATERIALS
Penelitian ini bertujuan untuk membuat e-LKPD menggunakan Live Worksheets dengan bantuan GeoGebra tentang transformasi geometri khususnya translasi. Sub topik Translasi dipilih karena masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menemukan konsep. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan dengan tujuan menghasilkan produk berupa e-LKPD menggunakan metode ADDIE yang terdiri dari tahap Analisis, Desain, Pengembangan, Penerapan, dan Evaluasi. Penelitian ini divalidasi oleh validator ahli materi dan ahli media untuk mendapatkan saran mengenai kelayakan e-LKPD dari segi media maupun materi. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah 15 siswa dengan kategori kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Subjek dibedakan menjadi tiga kategori untuk mengetahui pemahaman siswa pada e-LKPD sehingga mampu mencapai ketuntasan belajar. Siswa dari SMPN 39 Surabaya dipilih sebagai subjek dengan alasan belum pernah menggunakan e-LKPD berbantu GeoGebra. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian terdiri dari lembar validasi, tes hasil belajar (THB) dan angket respon siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil validasi dengan skor rata – rata 3,73 yang artinya e-LKPD tentang Translasi termasuk dalam kriteria sangat valid dan layak untuk digunakan. Hasil analisis terhadap penggunaan e-LKPD menunjukkan bahwa rata – rata respon siswa adalah 3,39 yang berarti e-LKPD bersifat positif dan praktis. Berdasarkan nilai tes hasil belajar 14 dari 15 subjek penelitian mendapat nilai diatas KKM sehingga penggunaan e-LKPD dapat membantu belajar siswa terkait materi Translasi. Dengan demikian e-LKPD Translasi menggunakan Live Worksheets berbantu GeoGebra ini valid, praktis dan efektif.
Kata Kunci : e-LKPD, Transformasi Geometri, Translasi, GeoGebra, Live Worksheets.
The purpose of this study is to develop an e-worksheet using a Live Worksheets with GeoGebra-assisted for geometric transformations, especially translation. The translation sub-topic was chosen because many students still need help finding translation concept. The type of research carried out in development research to produce e-worksheet using the ADDIE method consists of stages Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. This research was validated by material expert and design experts to get advice regarding the feasibility of e-worksheet in terms of media and material. The test subjects in this study were 15 students with high, medium, and low math ability categories. Subjects are divided into three categories to determine students' understanding of the e-worksheet so that they are able to achieve learning mastery. Students from SMPN 39 Surabaya were selected as subjects because they had never used GeoGebra-assisted e-worksheet. The data collection instruments in the study consisted of validation sheets, learning outcomes tests and student response questionnaires. The results of this study indicate that the validation results with an average score of 3.73, which means that the e-worksheet on translation is included in the very valid criteria and is feasible to use. The analysis of the use of e-worksheet shows that the average student response is 3.39, which means e-worksheet is positive and practical. Based on the test scores for learning outcomes, 14 of the 15 research subjects scored pass the Minimum Completeness Criteria, so using e-worksheet can help students learn about translation materials. Thus the translational e-worksheet using a GeoGebra-assisted Live Worksheets are valid, practical and effective.
Keywords : e-worksheet, Geometry Transformation, Translation, Geogebra, Live Worksheets.