ABSTRAK
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PPT “NAN-JI DESUKA”
TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA KOSAKATA BAHASA JEPANG MATERI NANJI
DESUKA SISWA KELAS XI MA NEGERI 1 MOJOKERTO TAHUN AJARAN 2018/2019
Nama : Dini Denok Fatmawati
NIM : 14020104016
Jurusan/Prodi : Bahasa dan Sastra
Jepang/Pendidikan Bahasa Jepang
Fakultas : Bahasa dan Seni
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Amira Agustin Kocimaheni, S.Pd.,
M.Pd.
Tahun : 2019
Kata Kunci : media pembelajaran audio
visual, kemampuan membaca, kosakata, bahasa jepang
Kemampuan membaca
kosakata sangat diperlukan pada pembelajaran bahasa Jepang. Penelitian ini
menggunakan media pembelajaran audio visual PPT “NAN-JI DESUKA”dalam
pebelajaran kosakata bahasa Jepang materi nanji desuka yaitu
materi jam dan menit dalam bahasa Jepang. Tujuan dalam penelitian ini adalah
untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran audio visual PPT “NAN-JI
DESUKA” terhadap kemampuan membaca kosakata bahasa Jepang materi nanji
desuka dan respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran audio
visual PPT “NAN-JI DESUKA”. Sedangkan hipotesis penelitian dalam penelitian ini
adalah penggunaan media pembelajaran Audio Visual PPT “NAN-JI DESUKA”
efektif pada kemampuan membaca kosakata bahasa Jepang materi nanji
desuka .
Data pada penelitian
ini berupa hasil pre-test dan post-test kelas
eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen juga diambil data
hasil angket respon dan hasil wawancara siswa. Pengambilan data dilakukan
selama dua kali pertemuan di MA Negeri 1 Mojokerto. Pemilihan sampel pada
penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel yang
digunakan dalam penelitian ini sebagai kelas kontrol adalah kelas XI Akselerasi
dan sebagai kelas eksperimen adalah kelas XI Bahasa. Penelitian ini termasuk
penelitian kuantitatif dengan menggunakan true experiment design karena
menggunakan kelas kontrol sebagai pembanding.
Analisis data dalam
penelitian ini menggunakan bantuan software SPSS 24 for windows .
Jawaban dari rumusan masalah pertama dilihat dari perhitungan uji-t menggunakan
rumus independent sample t-test dengan hasil nilai thitung =
1,232 dan ttabel = 2,078, sehingga thitung =
1,232 < ttabel = 2,078, dengan demikian diketahui bahwa
Ho diterima dan Ha ditolak. Sehingga dapat ditarik kesimpulan media
pembelajaran audio visual PPT “NAN-JI DESUKA” tidak memiliki
efektivitas terhadap kemampuan membaca kosakata bahasa Jepang. Angket
respon siswa diberikan pada siswa kelas eksperimen untuk mengetahui respon
siswa tentang penggunaan media pembelajaran audio visual PPT “NAN-JI DESUKA”
terhadap kemampuan membaca kosakata bahasa Jepang. Jawaban dari rumusan masalah
yang kedua berdasarkan hasil analisis angket respon siswa yang menunjukkan
kriteria kuat dan sangat kuat diketahui bahwa media pembelajaran audio visual
PPT “NAN-JI DESUKA”menarik dan membantu siswa meningkatkan kemampuan membaca
kosakata bahasa Jepang.
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PPT
NANJI DESUKA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA KOSAKATA BAHASA JEPANG MATERI NANJI DESUKA SISWA
KELAS XI MA NEGERI 1 MOJOKERTO TAHUN AJARAN 2018 2019
THE EFFECTIVENESS OF THE USE OF PPT NANJI DESUKA AS
AUDIOVISUAL MEDIA TOWARD READING VOCABULARY ABILITY IN JAPANESE LANGUAGE OF MA
NEGERI 1 MOJOKERTO CLASS XI STUDENTS ON NANJI DESUKA LESSON
MATERIAL