Minat Siswa dalam Ekstrakurikuler Drum Band di SMPN 3 Kota Blitar
Students' Interest In Extracurricular Drum Band at SMPN 3 Blitar City
Minat adalah suatu rasa lebih suka dan keterikatan pada suatu hal atau aktivitas tanpa arahan dari luar. Pada dasarnya, minat adalah menerima suatu hubungan antara diri sendiri dan sesuatu di luar diri sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat siswa dalam ekstrakurikuler drum band di SMPN 3 Kota Blitar dan mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi minat siswa dalam ekstrakurikuler drum band di SMPN 3 Kota Blitar. Safari mengemukakan bahwa ada empat indikator minat yaitu perasaan senang, ketertarikan, perhatian dan keterlibatan. Faktor – faktor yang mempengaruhi minat menurut Winkel yaitu faktor internal meliputi motivasi, cita – cita, dan bakat. Faktor eksternal meliputi orang tua, guru, teman, sarana prasarana, dan lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh penulis dapat disimpulkan bahwa siswa berminat mengikuti ekstrakurikuler drum band karena ekstrakurikuler drum band memiliki sarana dan prasarana yang lengkap. Namun pada faktor internal yaitu pada indikator cita – cita memperoleh skor rendah 63, karena siswa ekstrakurikuler drum band SMPN 3 Kota Blitar berminat mengikuti ekstrakurikuler drum band hanya sebagai hobi saja, dan belum pada tahap konsisten untuk keberlanjutan kejenjang yang lebih tinggi atau professional.
Interest is a feeling of preference and attachment to a thing or activity without external direction. Basically, interest is accepting a relationship between oneself and something outside oneself. This research aims to determine students' interest in drum band extracurriculars at SMPN 3 Blitar City and to find out the factors that influence students' interest in drum band extracurriculars at SMPN 3 Blitar City. Safari suggests that there are four indicators of interest, namely feelings of pleasure, interest, attention and involvement. Factors that influence interest according to Winkel are internal factors including motivation, ideals and talent. External factors include parents, teachers, friends, infrastructure and the environment. This research uses a qualitative descriptive research approach. Based on the research results obtained by the author, it can be concluded that students are interested in joining the drum band extracurricular because the drum band extracurricular has complete facilities and infrastructure. However, the internal factor, namely the aspiration indicator, obtained a low score of 63, because extracurricular drum band students at SMPN 3 Blitar City were interested in participating in extracurricular drum band only as a hobby, and were not yet at a consistent stage for sustainability at a higher or professional level.