PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI “AFIKA” UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI IMPULS DAN MOMENTUM
DEVELOPMENT OF “AFIKA” VIDEO-BASED LEARNING MEDIA TO IMPROVE STUDENTS' LEARNING OUTCOMES ON IMPULSE AND MOMENTUM MATERIALS
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis video animasi AFIKA pada materi impuls dan momentum untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik yang dinyatakan layak untuk diterapkan. Hal tersebut ditinjau dari hasil penilaian validitas, penilaian keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media AFIKA, serta hasil penilaian pre-test dan post-test. Penelitian yang dilakukan menggunakan model pengembangan PIE yang terdiri dari Plan (perencanaan), Implementation (penerapan), dan Evaluate (evaluasi). Teknik pengambilan data untuk menentukan kevalidan media dilakukan oleh validator, untuk keterlaksanaan kegiatan pembelajaran di kelas dilakukan oleh pengamat, serta terdapat angket respon yang diisi oleh peserta didik, dan hasil penilaian pre-test dan post-test. Subjek penelitian ini adalah 32 peserta didik kelas X-3 SMA NAHDLATUL ULAMA 1 Gresik. Instrumen penelitian yang digunakan menggunakan skor skala Likert. Berdasarkan penelitian pengembangan yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa, validitas dari media AFIKA pada materi Fisika impuls dan momentum dari aspek materi, media, dan bahasa diperoleh hasil 98,99% dengan kriteria sangat valid. Kemudian keterlaksanaan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media AFIKA pada kelas X-3 terlaksana dengan sangat baik dengan persentase 98,66%. Kemudian respon peserta didik terhadap media AFIKA secara umum yaitu baik. Dan hasil belajar peserta didik kelas X-3 sebelum diterapkan media AFIKA pada materi Fisika impuls dan momentum dan setelah diterapkan media AFIKA mengalami peningkatan dengan rata-rata N-Gain yaitu 0,288 dengan kriteria rendah. Dengan demikian media video animasi AFIKA pada materi impuls dan momentum baik untuk diterapkan namun kurang signifikan dalam meningkatkan hasil belajar yang dapat disebabkan oleh beberapa faktor.
This study involves the development of learning media based on AFIKA animated videos, specifically focusing on the topics of impulse and momentum. The objective is to enhance student learning outcomes, and the feasibility of applying this approach has been confirmed. This conclusion is based on the validity assessment, the evaluation of learning implementation using AFIKA media, and the results obtained from the pre-test and post-test assessments. The research followed the PIE development model, which comprises three stages: Plan (planning), Implementation (implementation), and Evaluate (evaluation). To determine the validity of the media, data was collected through the expertise of validators. Observers were responsible for monitoring and evaluating the implementation of learning activities in the classroom. Additionally, students provided their feedback through response questionnaires, and their performance was assessed through pre-test and post-test evaluations. The study involved 32 students from class X-3 of SMA NAHDLATUL ULAMA 1 Gresik as the participants. The research instrument utilized a Likert scale to measure the scores. The findings of the conducted development research indicate that the AFIKA media, focusing on the topics of impulse and momentum in physics, achieved a validity score of 98.99% across material, media, and language aspects, indicating a high level of validity. The implementation of learning activities using AFIKA media in class X-3 was highly successful, achieving a percentage of 98.66%. The overall response from students towards AFIKA media was positive. Furthermore, there was an improvement in the learning outcomes of class X-3 students in the physics of impulse and momentum after the implementation of AFIKA media, with an average N-Gain of 0.288 indicating a low level of improvement. The results suggest that AFIKA's animated video media on impulse and momentum material is effective and suitable for implementation. However, it may have limited impact on increasing learning outcomes, which could be influenced by various factors.