Hubungan antara Konsep Diri dengan Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya
Relationship between Self-Concept and Consumptive Behavior in State University of Surabaya Students
Mahasiswa dengan rentang usia 18-21 tahun berada pada masa remaja akhir dimana pada masa ini pola konsumsi mulai terbentuk, salah satunya pada pembelian produk pakaian. Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan dimana muncul fenomena perilaku konsumtif pada produk fashion berupa pakaian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa Universitas Negeri Surabaya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa universitas negeri Surabaya yang berjumlah 100 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan skala psikologi konsep diri dan perilaku konsumtif. Teknik analisa data menggunakan korelasi pearson product moment. Hasil analisis dari penelitian menujukkan bahwa taraf signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05), sehingga diartikan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antar variabel. Hasil analisis didapatkan nilai koefisien korelasi sebesar -0,617. Hasil ini kemudian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang negatif antara konsep diri dengan perilaku konsumtif, semakin tinggi konsep diri, maka semakin rendah perilaku konsumtif.
Students with an age range of 18-21 years are in their late teens where at this time consumption patterns begin to form, one of which is in purchasing clothing products. Based on the preliminary studies that have been carried out where the phenomenon of consumptive behavior appears in the fashion product in the form of clothing. This study aims to determine the relationship between selfconcept and consumptive behavior in Surabaya State University students. The method used in this study is a quantitative method. The subjects in this study were 100 students at Surabaya State University. This study uses a psychological scale of self-concept and consumer behavior. Data analysis techniques using pearson product moment correlation .The results of the analysis of the study show that the significance level is 0.000 (p <0.05), so that means that there is a significant relationship between variables. The results of the analysis obtained a correlation coefficient of -0.617. These results then indicate that there is a negative relationship between self-concept and consumptive behavior, the higher the self-concept, the lower the consumptive behavior.