MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER ROBOTIKA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI NON AKADEMIK PESERTA DIDIK DI SD MUHAMMADIYAH 4 SURABAYA
EXTRACURICULAR MANAGEMENT OF ROBOTICS IN IMPROVING NON-ACADEMIC ACHIEVEMENT OF STUDENTS AT SD MUHAMMADIYAH 4 SURABAYA
Nama : Syifaur Rahmah
NIM : 16010714040
Jurusan : Manajemen Pendidikan
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Muhamad Sholeh, S.Pd., M.Pd
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pengakuan orang tua terhadap prestasi non akademik yang dicapai peserta didik. Sehingga perlu meyakinkan bahwa kegiatan dan prestasi non akademik juga berguna untuk kehidupan peserta didik. Tujuan penelitian ini (1) mendeskripsikan dan menganalisis manajemen ekstrakurikuler robotika di SD Muhammadiyah 4 Surabaya (2) mendeskripsikan dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat ekstrakurikuler robotika di SD Muhammadiyah 4 Surabaya (3) mendeskripsikan dan menganalisis upaya peningkatan kualitas ekstrakurikuler robotika di SD Muhammadiyah 4 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Penelitian di lakukan di SD Muhammadiyah 4 Surabaya. Pengambilan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data dengan kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dengan uji kredibilitas, uji transferbilitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas.
Hasil dalam penelitian ini (1) manajemen ekstrakurikuler : sumber daya yang terlibat dalam ekstrakurikuler adalah koordinator ekstrakurikuler, penanggungjawab ekstrakurikuler dan pelatih ekstrakurikuler.Jadwal ekstrakurikuler dilaksanakan hari rabu, jumat, sabtu selama 90 menit, tujuan ekstrakurikuler pembentukan karakter, media publikasi, dan prestasi.Strategipencapaian ekstrakurikuler dengan pengaturan jadwal ekstrakurikuler, rekrutmen pembina berkompeten, dan kerjasama sekolah, pelatih, dan orang tua. Pelaksanaan ekstrakurikuler sistematis dan dinamis dipantau oleh penanggungjawab ekstrakurikuler dan pelatih ekstrakurikuler. Evaluasi ekstrakurikuler dilaksanakan setiap bulan, semester, dan tahun untuk mengetahui penyimpangan yang terjadi dan mendapat solusi (2) faktor pendukung interpersonal dan intrapersonal yaitu minat, harapan, umpan balik, rekreasi, pelatih, penghargaan, dukungan berbagai pihak. Faktor penghambat interpersonal dan intrapersonal yaitu jadwal sekolah, kurangnya pelatih, sarana prasarana, ada kegiatan lain yang diikuti peserta didik (3) upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas ekstrakurikuler robotika yaitu mengikuti perlombaan, memberi penghargaan, melakukan riset pengembangan, dan memenuhi kebutuhan sarana prasarana.
Kata kunci : perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, kualitas ekstrakurikuler, prestasi
Name : SyifaurRahmah
Number ID : 16010714040
Department : Educational Management
Faculty : Science Education
Institution : Surabaya State University
Lecturer : Dr. Muhamad Sholeh, S.Pd., M.Pd
This research is motivated by the lack of parental recognition of the non-academic achievements of students. So it is necessary to ensure that non-academic activities and achievements are also useful for the lives of students. The purpose of this study (1) to describe and analyze the extracurricular management of robotics at SD Muhammadiyah 4 Surabaya (2) to describe and analyze the supporting and inhibiting factors for extracurricular robotics at SD Muhammadiyah 4 Surabaya (3) to describe and analyze efforts to improve the quality of extracurricular robotics at SD Muhammadiyah 4 Surabaya . This study used a qualitative approach with a case study research design. The research was conducted at SD Muhammadiyah 4 Surabaya. Retrieval of data using interview techniques, observation, and study documentation. Data analysis with data condensation, data presentation, and data verification. Checking the validity of the data by means of credibility test, transferbility test, dependability test, and confirmability test.
The results of this study (1) extracurricular management: the resources involved in extracurricular activities are the extracurricular coordinator, the person in charge of extracurricular activities and the extracurricular coach. The extracurricular schedule is carried out on Wednesday, Friday, Saturday for 90 minutes, extracurricular goals for character building, media publications, and achievements. Extracurricular attainment strategies by setting extracurricular schedules, recruitment of competent coaches, and collaboration of schools, coaches, and parents. The systematic and dynamic extracurricular implementation is monitored by the person in charge of extracurricular activities and extracurricular trainers. Extracurricular evaluations are carried out every month, semester, and year to find out irregularities and get solutions (2) interpersonal and intrapersonal supporting factors, namely interests, expectations, feedback, recreation, coaches, rewards, support from various parties. Interpersonal and intrapersonal inhibiting factors are school schedules, lack of trainers, infrastructure, there are other activities that students participate in (3) efforts are made to improve the extracurricular quality of robotics, namely participating in competitions, giving awards, conducting development research, and meeting the needs of infrastructure.
Keywords : planning, implementation, evaluation, extracurricular, quality, achievement