ABSTRAK
PENGEMBANGAN LKPD PEMBUATAN VIRGIN COCONUT OIL SECARA ENZIMATIS BERBASIS PBL UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI BIOTEKNOLOGI
Nama : Ahmad Sihafudin
NIM : 15030204003
Program Studi : S1 Pendidikan Biologi
Jurusan : Biologi
Fakultas : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Guntur Trimulyono, S.Si., M.Sc.
Kurikulum 2013 menuntut siswa untuk produktif, kreatif, inovatif dan memiliki peran dalam kehidupan bermasyarakat. Salah satu cara yang dapat digunakan agar kurikulum 2013 tercapai adalah dengan membuat siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran. Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dapat ditingkatkan melalui keterampilan proses sains. Keterampilan proses sains merupakan keterampilan dasar yang dapat mempermudah dan memfasilitasi pembelajaran sains dan meningkatkan kesiapan peserta didik dalam mengambil tanggung jawab saat memecahkan masalah. Keterampilan proses sains dapat dioptimalkan melalui model problem based learning (PBL). Berdasarkan hal tersebut, dilakukan penelitian pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) pembuatan virgin coconut oil (VCO) secara enzimatis berbasis PBL untuk melatihkan keterampilan proses sains pada materi bioteknologi.
Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan LKPD yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D yaitu define, design, develop, dan disseminate, namun tahap disseminate tidak dilakukan. Sasaran ujicoba terbatas pada 16 peserta didik kelas XII MIPA 1 SMAN 1 Arosbaya. Parameter yang diukur adalah tingkat validitas, tingkat kepraktisan, dan tingkat keefektifan. Metode pengumpulan data menggunakan metode validasi untuk tingkat validitas, metode observasi dan angket untuk tingkat kepraktisan, dan metode tes untuk tingkat keefektifan yang dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Dari keseluruhan data memberikan hasil bahwa tingkat validitas sebesar 93,18% dengan kategori sangat layak, tingkat kepraktisan ditinjau dari aktivitas peserta didik sebesar 95,83% dan respons peserta didik sebesar 93,49% dengan kategori sangat baik, dan tingkat keefektifan sebesar 100% dengan kategori sangat efektif.
Kata Kunci: LKPD, PBL, keterampilan proses sains
ABSTRACT
DEVELOPMENT OF THE STUDENT WORKSHEET MAKING VIRGIN COCONUT OIL AN ENZYMATIC BASED ON PROBLEM BASED LEARNING TO PRACTICE SCIENCE PROCESS SKILLS ON BIOTECHNOLOGY MATERIALS
Name : Ahmad Sihafudin
Study Program : Bachelor of Biology Education
Department : Biology
Faculty : Mathematics and Natural Sciences
Institution Name : Universitas Negeri Surabaya
Supervisor : Guntur Trimulyono, S.Si., M.Sc.
The 2013 curriculum demands students to be productive, creative, innovative and have a role in community life. One of the ways that can be used for the 2013 curriculum is achieved is to make students play an active role in the learning process. The activity of students in the learning process can be improved through science process skills. Science process skills are a basic skill that can simplify and facilitate the learning of science and improve the readiness of learners in taking responsibility when solving problems. Science process skills can be optimized through the model of problem based learning. Based on this, research conducted the development of the student worksheet making virgin coconut oil an enzymatic based on problem based learning to practice science process skills on biotechnology materials.
The purpose of this research is to produce a valid, practical, and effective student worksheet. This research is development research using the model of 4D development, namely define, design, develop, and disseminate, but the disseminate stage is not done. Trial Target Limited to 16 students of class XII MIPA 1 SMAN 1 Arosbaya. The measured parameters are the validity rate, practicality level, and level of effectiveness. Data collection methods use validation methods for validity, observation and poll methods for practicality level, and test methods for the effectiveness level analyzed using quantitative descriptive methods. From the overall data gives results that the validity rate of 93.18% with the category is highly feasible, the practicality level is reviewed from student activity of 95.83% and student response of 93.49% in the category is excellent, and The effectiveness rate of 100% with the category is very effective.
Keywords: student worksheets, problem based learning, science process skills