MOTIF MISTISISME PADA KARYA EKA KURNIAWAN
DALAM ANTOLOGI CERPEN KUMPULAN BUDAK SETAN
MYSTICISM MOTIVES IN EKA KURNIAWAN'S IN THE SHORT STORY
ANTHOLOGY OF KUMPULAN BUDAK SETAN
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realitas budaya mistisisme pada masyarakat yang mendorong hadirnya sastra bermuatan pesan mistisisme. Antologi cerpen berjudul Kumpulan Budak Setan merupakan salah satu karya bersama Eka Kurniawan, Intan Paramaditha, dan Ugoran Prasad yang memiliki muatan mistisisme. Fokus penelitian ini adalah mendeskripsikan motif mistisisme ditinjau dari perjalanan dan tujuan mistisisme pada karya Eka Kurniawan dengan menggunakan kajian mistisisme Niels Mulder. Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data studi pustaka dan simak catat. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah content analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tokoh dalam cerpen Penjaga Malam, Taman Patah Hati, dan Jimat Sero cenderung melakukan perjalanan mistisisme dalam tahap terendah yaitu tahap syariah atau sarengat dengan tujuan mistisisme yang terealisasi dalam bentuk tapa. Ditinjau dari perjalanan dan tujuan mistisisme, cerpen Penjaga Malam memiliki motif positif yang terealisasi dengan tujuan membantu memecahkan masalah orang lain atau bersama dan menghancurkan sarana magis yang buruk. Berbeda dengan cerpen Penjaga Malam, cerpen Taman Patah Hati dan Jimat Sero memiliki motif egoistis atau pamrih yang terealisasi dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan yang bersifat pribadi.
This research is motivated by the cultural reality of mysticism in society which encourages the presence of literature with messages of mysticism. The short story anthology entitled Kumpulan Budak Setan is one of the collaborative works of Eka Kurniawan, Intan Paramaditha, and Ugoran Prasad which has a mysticism content. The focus of this research is to describe the motives of mysticism in terms of the journey and purpose of mysticism in Eka Kurniawan's work using Niels Mulder's mystical studies. This research is classified as a qualitative descriptive study with the data collection technique of literature study and note taking. The analysis technique used in this research is content analysis. The results show that the characters in the short stories of Penjaga Malam, Taman Patah Hati, and Jimat Sero tend to travel mysticism in the lowest stage, namely the sharia or sarengat stage with the aim of mysticism which is realized in the form of tapa. Judging from the journey and purpose of mysticism, the short story of Penjaga Malam has positive motives which are realized with the aim of helping solve other people's or collective problems and destroying bad magical means. In contrast to the short stories of Penjaga Malam, the short stories of Taman Patah Hati and Jimat Sero have selfish or selfish motives which are realized with the aim of obtaining personal gain.