Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis 1) pengembangan media pembelajaran Mystery Board pada mata pelajaran ekonomi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik, 2) kelayakan media pembelajaran Mystery Board pada mata pelajaran ekonomi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik, 3) efektivitas media pembelajaran Mystery Board pada mata pelajaran ekonomi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Desain ujicoba penelitian ini menggunakan desain Pre-Experimental bentuk One Grup Pretest-Posttest. Subjek uji coba pada penelitian adalah 20 peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Kandat Kediri. Jenis data dalam penelitian ini meliputi data kualitatif dan kuantitatif, dengan instrumen pengumpulan data berupa lembar telaah dan lembar validasi.
Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil kelayakan soal pada seluruh aspek memperoleh rata-rata persentase sebesar 90% dengan kriteria “sangat layak”. Sedangkan untuk hasil kelayakan media pada seluruh aspek memperoleh rata-rata persentase sebesar 91% dengan kriteria “sangat layak”. Hasil efektivitas media pembelajaran Mystery Board yang diujicobakan secara terbatas menunjukkan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui uji N-gain dengan nilai rata-rata sebesar 0,6 dengan kriteria “sedang”.
The purpose of the research is to analysis 1) the development of Mystery Board learning media on economic lesson to increase students critical thinking, 2) the feasibility of Mystery Board learning media on economic lesson to increase students critical thinking, 3) the effectiveness of Mystery Board learning media on economic lesson to increase students critical thinking.
The type of research is research and development with ADDIE development model that consists of five steps, namely Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The trial design of this research is Pre-Experimental design One Group Pretest-Posttest type. The subjects of this research were 20 students of class XI Social 2 of State Senior High School of Kandat Kediri. The type of data in this research is qualitative and quantitative data with data collection instruments in the form of study sheets and validation sheets.
This research shows that the result of the feasibility of the questions on all aspects get an average percentage of 90% with the criteria “very feasible”. As for the result of the feasibility of the media in all aspects get an average percentage of 91% with the criteria “very feasible”. The resut of the effectiveness of the Mystery Board learning media showed an increase in students critical thinking through the N-gain test with an average value of 0,6 with criteria “medium”.