PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MELALUI SELF EFFICACY SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA MAHASISWA
THE EFFECT OF ENTREPRENEURSHIP EDUCATION AND FAMILY ENVIRONMENT ON ENTREPRENEURIAL INTEREST THROUGH SELF-EFFICACY AS MEDIATION VARIABLE IN STUDENTS
ABSTRAK
Nama : Anggi Nandahapsari
NIM : 19080554030
Program Studi : Pendidikan Ekonomi
Fakultas : Ekonomika dan Bisnis
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Riza Yonisa Kurniawan, S.Pd., M. Pd.
Saat ini Indonesia sedang gencar dalam gerakan pemulihan sektor ekonomi. Salah satunya dengan menumbuhkan jiwa kewirausahaan. Setiap orang dengan kemauan dan keinginan serta siap untuk berwirausaha, berarti orang itu mampu membuka lapangan pekerjaan sendiri sehingga tingkat pengangguran akan berkurang secara bertahap. Namun saat ini rasio kewirausahaan di dalam negeri masih rendah karena pekerjaan utama penduduk di Indonesia tertinggi masih sebagai buruh/karyawan/pegawai sebesar 37,66% > 22,04% angka orang yang memiliki usaha. Angka ini membuktikan bahwa minat individu sebagai pelaku usaha masih perlu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kewirausahaan dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha melalui self efficacy sebagai variabel mediasi pada mahasiswa. Sampel dalam penelitian sebanyak 146 mahasiswa yang berasal dari Program Studi Pendidikan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya tahun angkatan 2020. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan software WarpPLS versi 7.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara langsung variabel eksogen yaitu pendidikan kewirausahaan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat berwirausaha, berbeda dengan variabel eksogen lingkungan keluarga berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha. Sedangkan secara tidak langsung self efficacy berhasil memediasi hubungan variabel eksogen pendidikan kewirausahaan dan lingkungan keluarga terhadap variable endogen minat berwirausaha.
Kata kunci: Lingkungan Keluarga, Minat berwirausaha, Pendidikan Kewirausahaan, Self efficacy, Structural Equation Modeling (SEM).
ABSTRACT
Name : Anggi Nandahapsari
Study Program : S1-Economic Education
Faculty : Economics and Business
Institution : Universitas Negeri Surabaya
Adviser : Riza Yonisa Kurniawan, S.Pd., M. Pd.
Currently, Indonesia is being intensively in the economic sector recovery movement. One of them is by cultivating an entrepreneurial spirit. Everyone who has the will and desire and is ready to become an entrepreneur means that this person is able to create his own jobs so that the unemployment rate will gradually decrease. However, currently the ratio of entrepreneurship in the country is still low because the main occupation of the highest population in Indonesia is still as a laborer/employee at 37.66% > 22.04% the number of people who own a business. This figure proves that individual interest as business actors still needs to be increased. This study aims to determine the effect of entrepreneurship education and family environment on the interest in entrepreneurship through self-efficacy as a mediating variable in students. The sample in the study was 146 students from the Education Study Program, Faculty of Economics and Business, Universitas Negeri Surabaya in the class of 2020. The analysis technique used in this study is Structural Equation Modeling (SEM) using WarpPLS software version 7.0. The results of this study show that directly the exogenous variable, namely entrepreneurship education, does not have a significant effect on entrepreneurial interest, in contrast to the exogenous variable of the family environment has a significant effect on entrepreneurial interest. Meanwhile, indirectly, self-efficacy succeeded in mediating the relationship between exogenous variables of entrepreneurship education and family environment to endogenous variables of entrepreneurial interest.
Keywords: Entrepreneurship Education, Entrepreneurial interest, Family Environment, Self-efficacy, Structural Equation Modeling (SEM).