Kode Dokumen :
0034/FT-PTB/2024
Penulis Utama :
shella mega arianto
NIM Penulis Utama:
19050534037
Tahun :
2024
Judul ID :
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER ( NHT) BERBANTUAN WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DPIB DI SMK NEGERI 1 KEMLAGI
Judul EN :
APPLICATION OF WORDWALL-ASSITED NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) LEARNING MODEL TO IMPROVE LEARNING OUTCOMES OF CLASS XI DPIB STUDENTS AT VOCATIONAL SCHOOL NEGERI 1 KEMLAGI.
Sumber :
UNESA -
Fakultas Teknik -
Jurusan S1 Pendidikan Teknik Bangunan -
19050534037 -
2024
Jenis Dokumen :
Skripsi
Abstrak ID :
Kondisi menurunnya tingkat
minat belajar pada siswa jurusan DPIB di SMK Negeri 1 Kemlagi. Hal tersebut
ditunjukkan dangan hasil data observasi kegiatan PLP pada bulan
Agustus-November 2022 di SMK Negeri 1 Kemlagi menunjukan nilai ulangan harian
siswa hanya 35% diatas nilai KKM, sementara 65% memiliki nilai standart KKM. Dengan
kondisi tersebut diperlukan adanya pembaruan terhadap model pembelajaran supaya
dapat menarik minat dan keaktifan siswa. Dengan mengimplementasikan model pembelajaran
kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT)
diharapkan dapat memberikan peserta didik kesempatan untuk aktif dalam
bertanya, berdiskusi serta mengembangkan bakat keterampilan. Penelitian
ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan perbedaan hasil belajar siswa
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan model pembelajaran
langsung pada kelas XI DPIB di SMK Negeri 1 Kemlagi, (2) mengetahui respon siswa
pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Metode yang digunakan adalah
Quasi-experimental design , dengan desain penelitian posttest control group design . Desain
penelitian ini menggunakan dua kelompok yang masing-masing tidak dipilih secara random. Kelompok
eksperimen diberikan perlakuan (treatment )
dengan metode pembelajaran NHT setelah itu diberikan post-test sedangkan kelompok kontrol diberikan perlakukan metode
pembelajaran berbeda (ceramah) setelah itu diberikan post-test . Populasi pada penelitian ini adalah 3 kelas yaitu, XI
DPIB 1, DPIB 2 serta DPIB 3 semester genap yang berjumlah 98 siswa. Sampel yang
dipilih pada penelitian ini adalah kelas XI DPIB 1 dan 3 semester genap yang
berjumlah 64 siswa menggunakan teknik sampling purposive sampling . Instrumen dalam penelitian ini berupa tes
kognitif yang berupa posttest , dan
lembar angket untuk mengetahui presentase minat belajar siswa. Dengan teknik pengambilan data dengan cara (1) Tes,
yang dilakukan pada akhir pembelajaran (Post-test )
setelah dilaksanakan perlakuan, (2) Angket respon, untuk mengetahui presentase
minat belajar siswa setelah diberikan perlakuan, (3)Observasi, sebagai
pengecekan bahwa kegiatan belajar mengajar sudah terlaksana sesuai dengan
tahapan.
Hasil penelitian ini
didapatkan, (1) rata-rata nilai post-test
kelas kontrol mendapatkan nilai 66,72 dan rata-rata nilai post-test kelas eksperimen mendapatkan nilai 80,00. Dalam uji
prasyarat normalitas kelas kontrol mendapatkan Chi2 h = 7,057 < Chi2 t = 7,814 sehingga data hasil posttest siswa
kelas XI DPIB 1 kelas kontrol berdistribusi normal. uji prasyarat normalitas
kelas eksperimen mendapatkan Chi2 h = 7,042
< Chi2 t = 7,814 sehingga data hasil posttest siswa
kelas XI DPIB 3 kelas eksperimen berdistribusi normal. Dalam uji prasyarat homogenitas mendapat Karena hasil uji homogenitas Fhitung
= 1,34 < Ftabel = 1,82, sehingga kedua kelas homogen. Pengujian
statistik menggunakan uji t polled
varians dengan taraf signifikans ɑ = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) yang diperoleh = 62. Memperoleh nilai
thitung = 6,630 > ttabel = 1,998 sehingga Ho ditolak
dan H1 diterima. (2) Perolehan presentase respon siswa di SMK Negeri
1 Kemlagi memperoleh 90,02%, sehingga dapat diartikan bahwa penggunaan metode
pembelajaran NHT dapat menumbuhkan minat dan motivasi belajar bagi siswa serta
menghilangkan stigma kegiatan belajar mengajar itu membosankan. Kesimpulan pada
penelitian ini diperoleh (1) adanya perbedaan hasil belajar
antara menggunakan model pembelajaran tipe Numbered
Head Together (NHT) dengan metode ceramah pada siswa kelas XI DPIB. uji t
polled varians dengan taraf signifikans ɑ = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) yang diperoleh = 62. Memperoleh nilai
thitung > ttabel yaitu 6,630 > 1,998 dengan
demikian Ho ditolak dan H1 diterima. (2) Adanya respon
positif dengan taraf presentase 90,02%.
Hal ini dibuktikan dengan perhitungan hasil rata-rata respon peserta didik
kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran tipe Numbered Head Together dengan berbantuan
media wordwall . Penggunaan model
pembelajaran ini dapat mendorong siswa untuk menjadi aktif serta menjadi sentra
atau pusat pembelajaran. Dengan berkelompok dapat memberikan kesan pembelajaran
yang inovatif, kreatif dan menyenangkan.
Kata Kunci : Hasil
Belajar, Model Pembelajaran Numbered Head
Together (NHT), Respon.
Abstrak EN :
The declining
interest in learning among DPIB students at SMK Negeri 1 Kemlagi. This is shown
by observation data from the PLP activities in August to November 2022 at SMK
Negeri 1 Kemlagi, which shows that 35% of students have daily quiz scores above
the KKM value, while 65% have standard KKM scores. With these conditions, there
is a need for a change in the learning model to attract the interests and
activity of students. By implementing the cooperative learning type Numbered
Head Together (NHT), students are given the opportunity to ask questions,
discuss and develop their talent and skills. The research aims to (1) identify
the difference in learning outcomes between the cooperative learning type NHT
model and direct learning in Grade XI DPIB classes at SMK Negeri 1 Kemlagi, (2)
identify the response of students to the implementation of the cooperative
learning type NHT model. The research method used is Quasi-experimental design,
with a research design of the control group design. The research design uses
two groups, each unrandomly selected. The experimental group receives the
treatment with the NHT learning method after which it is tested, while the
control group receives a different treatment method (lecturing) after which it
is tested. The population for this research is 3 classes, namely XI DPIB 1,
DPIB 2 and DPIB 3 in the even semester, totaling 98 students. The sample
selected for the research is Class XI DPIB 1 and DPIB 3 in the even semester,
with a total of 64 students, using the purposive sampling technique. The
instruments used in this research are a cognitive test in the form of a
after-test, and a questionnaire sheet to find out the percentage of students'
interest in learning. With the data collection technique (1) Test, conducted at
the end of the teaching period (after-test) after the treatment is implemented,
(2) Questionnair responses, to find out the percentage of students interest in
learning after the implementation, (3) Observation, to check that the teaching
and learning activities have been conducted according to the stages.
The result of
this research is (1) the average score of the control group class got 66.72 in
the aftertest, while the average score of the experimental class was 80.00. In
the normality test, the control group got Chi2h = 7.057 < Chi2t = 7.814, so
the data from the aftertest for students in the XI DPIB 1 class of the control
group are normally distributed. The normality test for the experimental class
had Chi2h= 7.042 < Chi2t= 7.814, so
the data from the aftertest for students in Class XI DPIB 3 in the experimental
group are normally distributed. In the homogeneity test, the result of the test
was Fhitung=1.34 < Ftabel=1. 82, so both classes are homogeneous. The
statistical test using the polled t-test variance with a level of significance
of α=0.05 and the degree of freedom (dk) obtained was 62. The value of thitung
obtained is greater than the value of t-table, namely 6.630 > 1.998, so Ho
is rejected and H1 is accepted. (2) There is a positive response with a percentage
of 90.02%. This is proven by the calculation of the average response of the
experimental participants with the Numbered Head Together learning model using
the wordwall as a media. Using this model of learning can encourage students to
be active and become the center or center of learning. Grouping can give the
impression of learning that is innovative, creative and enjoyable.
Keywords : Learning
Outcomes, Numbered Head Together (NHT) Learning Model, Response.