Register Jual Beli Online Dalam Aplikasi Shopee: Kajian Sosiolinguistik
Register Buying and Selling in the Shopee Application: Sosiolinguistik Studies
Adanya kemajuan teknologi yang saling berkaitan, menimbulkan register khususnya dalam bidang jual beli. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan register jual beli online dalam aplikasi shopee. Aplikasi shopee digunakan sebagai objek karena banyak orang yang gemar menggunakan aplikasi tersebut untuk jual beli online. Rumusan masalahnya adalah bagaimana bentuk dan fungsi register pada aplikasi shopee. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan sosiolingusitik. Data yang diambil menggunakan data kualitatif yaitu objeknya berupa register yang terdapat pada deskripsi penjual dan komentar pembeli. Teknik yang digunakan yaitu teknik simak, catat, dan tangkapan layar. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan dalam kategori elektronik terdapat 2 register lingual, 5 register selingkung terbatas, dan 1 register selingkung tertutup. Kategori makanan dan minuman terdapat 2 register lingual, 5 register selingkung terbatas, dan 3 register selingkung terbuka. Kategori pakaian terdapat 2 register lingual, 5 register selingkung terbatas, dan 2 register selingkung terbuka. Serta ditemukan fungsi register yaitu 2 fungsi instrumental, 2 fungsi regulatoris, dan 2 fungsi representasional pada jual beli online aplikasi shopee.
Kata kunci: register, jual beli online, shopee
The existence of interrelated technological advances, raises registers, especially in the field of buying and selling. This study aims to describe the online buying and selling register in the shopee application. The shopee application is used as an object because many people like to use the application for buying and selling online. The formulation of the problem and fuction is how to register in the shopee application. This study uses a qualitative descriptive method with a sociolinguistic approach. Data taken using qualitative data, namely the object in the form of registers contained in the seller's description and buyer's comments. The technique used is the technique of listening, taking notes, and screenshots. Based on the analysis that has been carried out, it can be concluded that in the electronic category there are 2 lingual registers, 5 restricted envelope registers, and 1 closed envelope register. The food and beverage category has 2 lingual registers, 5 limited circumscribed registers, and 3 open circumscribed registers. The clothing category has 2 lingual registers, 5 limited sleeve registers, and 2 open sleeve registers. And found the register function, namely 2 instrumental functions, 2 regulatory functions, and 2 representational function in the online buying and selling of the shopee application.
Keywords: register, buying and selling online, shopee