KEEFEKTIFAN DICTOGLOSS TERMODIFIKASI DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN RESEPTIF DAN PRODUKTIF TENTANG KOLOKASI
THE EFFECTIVENESS OF MODIFIED DICTOGLOSS IN PROMOTING RECEPTIVE AND PRODUCTIVE KNOWLEDGE OF COLLOCATION
Studi ini difokuskan pada mengeksplorasi bagaimana tugas dictogloss dalam merekonstruksi teks dapat meningkatkan pembelajaran kolokasi Bahasa Inggris, terutama frasa verbal. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa peserta didik menghadapi tantangan dalam menggunakan kombinasi kata-kata tersebut, namun terdapat keterbatasan teknik pengajaran yang efektif. Peserta dalam penelitian ini adalah 84 siswa Sekolah Menengah Atas Islam kelas sebelas (berusia 16-17 tahun). Studi ini menggunakan desain eksperimental untuk membandingkan efektivitas dua versi modifikasi dari tugas dictogloss. Dalam penelitian ini, peserta secara acak dibagi menjadi tiga kelompok: kelompok eksperimental 1 (SEM), kelompok eksperimental 2 (STRUC), dan kelompok kontrol (tradisional). Siswa bekerja berpasangan dan merekonstruksi teks Bahasa Inggris yang berisi target item (frasa verbal). Sebelum setiap rekonstruksi, dilakukan aktivitas pengawal dengan tujuan membantu peserta didik dalam memahami kolokasi (frasa verbal). Hasilnya menunjukkan bahwa siswa yang melakukan dictogloss yang dimodifikasi memperoleh skor rata-rata yang lebih tinggi dalam tes paska-pelajaran pengetahuan reseptif dan produktif kolokasi dibandingkan dengan siswa yang melakukan dictogloss tradisional. Selain itu, melibatkan siswa dalam aktivitas pra-tugas yang melibatkan elaborasi makna kolokasi lebih unggul daripada aktivitas pra-tugas yang berfokus pada bentuk, terutama dalam hal pengetahuan produktif. Hasil tersebut dianalisis secara menyeluruh dalam kaitannya dengan penelitian sebelumnya, menyoroti implikasinya dalam pengajaran Bahasa Inggris dan penelitian di masa depan.
This study focused on exploring how the dictogloss task of text reconstruction could enhance the learning of English collocation, especially phrasal verbs. Earlier studies have shown that learners face challenges when it comes to utilizing these word combinations, yet there are limited effective instructional techniques available. The participants in this research were 84 Islamic senior high school students in the eleventh grade (aged 16-17). The study employed a true experimental design to compare the effectiveness of two modified versions of the dictogloss task. In this study, the participants were randomly allocated to three groups: experimental group 1 (SEM), experimental group 2 (STRUC), and a control group (traditional).The students worked in pairs and reconstructed English texts containing the target items (phrasal verbs). Before each reconstruction, a priming activity was conducted with the intention of assisting learners in perceiving collocation (phrasal verbs). The result demonstrated that students who performed modified dictogloss gained higher mean scores in post-tests of receptive and productive knowledge of collocation compared to students who performed traditional dictogloss. Furthermore, engaging students in a pre-task activity that involved elaborating on the meaning of collocations outperformed a form-focused pre-task activity, particularly in terms of productive knowledge. The results are extensively analyzed in connection with previous research, highlighting their implications for English language teaching (ELT) and future research.