Pengembangan Permainan "MAGIC SAGA" Sebagai Media untuk Memperkaya Kosakata Siswa Kelas 11
Developing "MAGIC SAGA" Game as a Medium for Enriching Vocabulary of Eleventh Graders
Penilitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan yang meliputi validasi kualitas dan kegunaan permainan 'Magic Saga' sebagai media untuk memperkaya kosakata siswa kelas XI. Untuk mengembangkan media ini, penelitian ini mengadopsi pendekatan ADDIE menurut Branch (2009). Penelitian ini berlangsung di sekolah menengah atas dengan melibatkan 8 siswa dan 1 guru untuk menguji kepraktisan permainan. Di sisi lain, seorang dosen bahasa Inggris memvalidasi kualitas permainan. Nilai validasi konten dan desain adalah 3,98 yang dapat dikategorikan 'sangat baik'. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, siswa menunjukkan interaksi yang menarik dan juga memberikan komentar yang baik terhadap permainan Magic Saga. Siswa juga mengatakan bahwa mereka termotivasi untuk belajar dan berlatih kosakata. Permainan Magic Saga mendapat penilaian bagus dari guru dan juga dosen. Pada saat bermain game, tujuan awal bisa terpenuhi serta dapat disimpulkan bahwa game Magic Saga dapat digunakan untuk proses belajar mengajar bahasa Inggris.
Kata Kunci: Kosakata, Magic Saga, ADDIE
This study aimed to describe the development process, including the quality validation and the practicality of the 'Magic Saga' game as a medium for enriching the vocabulary of eleventh graders. This study adopted the ADDIE approach by Branch (2009) to develop the media. This study took place at a high school by involving eight students and one teacher to test the game's practicality. On the other hand, one of the English lecturers validated the quality of the game. The validation score for content and design was 3.98 that categorized as 'excellent.' Based on observation and interview results; the students showed attractive interactions. Also, they gave good comments toward the Magic Saga game. Moreover, Students said that they were motivated to learn and practice vocabulary. Magic Saga game got good appraisal from the teacher and also a lecturer. While playing the game, the primary goals had met, and it concluded that the Magic Saga game was applicable for the English teaching and learning process.
Keywords: Vocabulary, Magic Saga, ADDIE.