PERANCANGAN MEDIA PEMASARAN ELEKTRONIK UNTUK FOOD BOX DI KEDUNGTURI SIDOARJO
DESIGNING ELECTRONIC MARKETING MEDIA FOR FOOD BOX IN KEDUNGTURI SIDOARJO
Penelitian ini bertujuan untuk merancang media pemasaran elektronik untuk Food Box yang berada di Kedungturi, Kab. Sidoarjo sebagai pelengkap dalam memasarkan menu makanan yang ada di Food Box menggunakan konsep fotografi makanan yang sesuai dengan e-marketing channel yang digunakan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan metode perancangan design process, Robin Landa. Teknik pengumpilan data menggunakan studi literatur, observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis melalui analisis segmenting, targeting, differentiation, dan positioning, Kotler and Armstrong. Hasil dari analisis berupa creative brief sebagai dasar dari pembuatan strategi dan konsep media. Hasil kelayakan media foto makanan menunjukan 65,45% dengan kategori kelayakan baik, sedangkan hasil kelayakan konten menunjukan 100% yang berarti kategori kelayakan sangat baik untuk digunakan. Dengan memanfaatkan media pemasaran elektronik ini, Food Box dapat menjangkau konsumen lebih luas lagi melalui Gofood, Grabfood, dan Instagram.
Kata Kunci: Food Box, Media Pemasaran Elektronik, Fotografi Makanan, E-Marketing Channel.
This study aims to design electronic marketing media for Food Box, located in Kedungturi, Sidoarjo Regency, to enhance the marketing of its menu items using food photography concepts tailored to the e-marketing channels utilized. The research employs a descriptive qualitative method with a design process approach based on Robin Landa's methodology. Data collection techniques include literature study, observation, interviews, questionnaires, and documentation. The collected data is analyzed using Kotler and Armstrong's segmenting, targeting, differentiation, and positioning analysis. The analysis results in a creative brief that serves as the basis for developing media strategies and concepts. The feasibility results of the food photography media show a 65.45% rating, indicating a good level of feasibility, while the content feasibility results show a 100% rating, indicating an excellent level of feasibility. By utilizing this electronic marketing media, Food Box can reach a broader consumer base through various e-marketing channels.
Keywords: Food Box, Electronic Marketing Media, Food Photography, E-Marketing Channel.