THE ROLE OF PARENTS IN ACCOMPANYING THE USE OF GADGETS IN EARLY CHILDHOOD IN BABATAN VILLAGE, WIYUNG DISTRICT, SURABAYA CITY
Dampak dari kondisi pandemi Covid-19 salah satunya adalah orang tua diharuskan belajar dan mengetahui cara penggunaan gadget agar dapat mengarahkan anak-anak mereka ketika kelas daring. Hasil observasi AWAL menunjukkan bahwa hampir delapan puluh delapan persen tidak semua orang tua dapat menguasai cara penggunaan gadget. Peranan orang tua sangat penting dalam mendampingi anaknya dalam penggunaan gadget serta mengikuti perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Peran orang tua sebagai guru 2) Peran orangtua sebagai motivator 3) Peran orangtua sebagai fasilitator 4) Peran orangtua sebagai director dalam penggunaan gadget pada anak usia dini. Pendekatan kualitatif diguanakan dalam penelitian ini. Metode kualitatif yang menguraikan suatu peristiwa yang terkait dengan fenomena bahwasannya proses pembelajaran saat ini mengharuskan untuk mengikuti perkembangan zaman dengan adanya menggunakan gadget serta dengan pendampingan orang tua. Informan dalam penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak usia dini. Pengumpulan data menggunakan wawancara MENDALAM, observasi partisipatif dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tiga tahap penelitian kualitatif berdasarkan Miles dan Huberman (2002) yang meliputi reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan 1) Peran orang tua sebagai guru dalam penggunaan gadget pada anak usia dini meliputi mendampingi anak bermain gadget, membimbing dalam pemilihan tema materi atau aplikasi yang ditonton. 2) Peran orangtua sebagai motivator dalam penggunaan gadget pada anak usia dini meliputi pemberian semangat ketika anak belajar sesuatu hal yang baru melalui aplikasi youtube dan reward pemberian jam tambahan bermain gadget. 3) Peran orangtua sebagai fasilitator dalam penggunaan gadget pada anak usia dini meliputi tersedianya koneksi wifi atau paket data dan hadphone atau tablet. 4) Peran orangtua sebagai director dalam penggunaan gadget pada anak usia dini meliputi pengarahan anak dalam hal waktu bermain gadget, pemilihan konten dan aplikasi.
Kata Kunci: pendampingan orang tua, peran orang tua dan anak usia dini
One of the impacts of the Covid-19 pandemic is that parents are required to learn and know how to use gadgets so they can direct their children to online classes. Observation results show that almost eighty-eight percent not all parents can master how to use gadgets. The role of parents is very important in assisting their children in using gadgets and keeping up with the times. This study aims to describe 1) The role of parents as teachers 2) The role of parents as motivators 3) The role of parents as facilitators 4) The role of parents as directors in the use of gadgets in early childhood in Babatan Village, Wiyung District, Surabaya City. A qualitative approach is used in this study. The qualitative method that describes an event in Babatan Village, Wiyung District, Surabaya City, is related to the phenomenon that the current learning process requires to keep up with the times by using gadgets and with parental assistance. The informants in this study were parents who had early childhood and lived in the Babatan village area RW.02 Babatan sub-district, Wiyung District, Surabaya as many as five people. Collecting data using semi-structured interviews, participatory observation and documentation. Data analysis used three stages of qualitative research based on Miles and Huberman (2002) which included data reduction, data display and drawing conclusions. The results showed 1) The role of parents as teachers in the use of gadgets in early childhood includes supervision and mentoring. 2) The role of parents as motivators in the use of gadgets in early childhood includes providing encouragement when children learn something new through the YouTube application. 3) The role of parents as facilitators in the use of gadgets in early childhood includes the availability of wifi connections or data packages and cellphones or tablets. 4) The role of parents as directors in the use of gadgets in early childhood includes directing children in terms of gadget play time, selection of content and applications
Keywords: gadgets, parental assistance, the role of parents and early childhood.