Profil Collaborative Problem Solving Siswa Kelas XI dalam Memecahkan Masalah Matematika Finansial
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan profil collaborative problem solving siswa kelas XI dalam memecahkan masalah matematika finansial. Subjek penelitian ini yaitu tiga pasang siswa kelas XI dengan rincian: satu pasang siswa yang terdiri dari siswa berkemampuan matematika sedang dan tinggi, satu pasang siswa yang keduanya berkemampuan matematika tinggi dan satu pasang siswa yang terdiri dari siswa berkemampuan matematika rendah dan sedang. Tiga pasang siswa ini harus mengerjakan tes kemampuan pemecahan masalah matematika finansial secara bersama-sama untuk mengetahui kemampuan collaborative problem solving mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasangan siswa yang tingkat kemampuan matematikanya sama-sama tinggi mampu menjawab semua pertanyaan yang diberikan dengan tepat. Pasangan siswa yang terdiri dari siswa berkemampuan matematika sedang dan tinggi hampir menjawab seluruh pertanyaan yang diberikan dengan tepat, sedangkan pasangan siswa yang terdiri dari siswa berkemampuan matematika rendah dan sedang tidak mampu menjawab semua pertanyaan yang diberikan dengan tepat. Pasangan siswa yang tingkat kemampuannya sama-sama tinggi dan pasangan siswa yang tingkat kemampuan matematikanya sedang dan tinggi mampu merancang dan melaksanakan aktivitas pemecahan masalah dengan baik. Mereka juga mampu bekerja sama dengan baik saat memecahkan masalah. Namun, pasangan siswa yang terdiri dari siswa berkemampuan matematika rendah dan sedang tidak mampu merancang dan melaksanakan aktivitas pemecahan masalah dengan baik. Mereka juga tidak mampu bekerja sama dengan baik selama proses pemecahan masalah dan cenderung bekerja secara individu. Dapat dikatakan bahwa berdasarkan indikator collaborative problem solving serta hasil pemecahan masalah yang diperoleh, collaborative problem solving pada pasangan siswa yang berkemampuan sama-sama tinggi lebih baik daripada pasangan yang lain.
The aim of this research is to describe CPS profile of XI students in solving financial mathematic’s problem. The subject of this research was three pairs of XI grade students which: a pair student consisting of medium and high ability students, a pair student who are both had high ability and a pair student consisting of low and medium ability students. These three pairs of students had to take financial mathematic problem solving ability test together to find out their collaborative problem solving skills. The result showed that a pair student who are both had high ability were able to answer all the question correctly. A pair student consisting of medium and high ability students almost answered all the questions correctly and a pair student consisting of low and medium ability students were unable to answer all the questions correctly. A pair student who are both had high ability and a pair student consisting of medium and high ability students are able to design and do the problem solving activities well. They also able to work well together when solving the problems. However, a pair student consisting of low and medium ability students unable to design and do the problem solving activities well. They also unable to work well together when solving the problem and tend to work individually. It can be said that based on collaborative problem solving indicators and problem solving result obtained, collaborative problem solving in a pair student who are both had high ability much better than others.