Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar dalam bentuk modul digital interaktif pada materi energi dalam sistem kehidupan yang layak berdasarkan aspek validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model 4D, namun tahap yang ditempuh hanya pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII-I SMP Negeri 1 Sidoarjo sebanyak 29 siswa, dengan desain penelitian yaitu One Group Pretest and Posttest Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul digital interaktif yang dikembangkan dinyatakan layak berdasarkan aspek validitas ditinjau dari hasil penilaian validator yang memperoleh nilai modus 4 dengan kriteria sangat layak. Kelayakan modul digital interaktif berdasarkan aspek kepraktisan menunjukkan bahwa hasil keterlaksanaan pembelajaran diperoleh persentase penilaian ≥90% dengan kecenderungan kriteria sangat baik. Hasil tersebut didukung oleh hasil observasi aktivitas siswa selama pembelajaran menggunakan modul digital interaktif diperoleh persentase penilaian ≥90% dengan kecenderungan kriteria sangat baik dan hasil respon siswa terhadap modul digital interaktif diperoleh persentase penilaian ≥90% dengan kecenderunga kriteria sangat baik. Kelayakan modul digital interaktif berdasarkan aspek keefektifan diperoleh dari test hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa menujukkan terdapat peningkatan nilai gain kompetensi pengetahuan antara pretest dan posttest siswa sebesar 0,67 dengan kriteria sedang dan kompetensi keterampilan diperoleh persentase nilai ≥80 dengan kecenderungan kriteria sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar modul digital interaktif pada materi energi dalam sistem kehidupan dinyatakan layak berdasarkan aspek validitas, kepraktisan, dan keefektifan.
Kata Kunci: bahan ajar, modul digital, validitas, kepraktisan, keefektifan.
This research aims to produce teaching material of interactive digital module on energy in the system of live which is based on aspects of validity, practicality, and effectiveness. The type of research used is development research with 4D model, but done are completed on the limited of define, design, and develop. This study was conducted on 29 students VII-I class of SMP Negeri 1 Sidoarjo, and used One Group Pretest and Posttest Design. The result of the research shows that the interactive digital module developed is proven to have feasible validity, considered by the assessment result of the validator which got mode of four with very good criteria. The feasibility of interactive digital module based on practical aspect, shows that the result of the implementation of the learning obtained ≥90% percentage of value with very good criteria. It is also supported by the observation held toward student’s activities during using interactive digital module obtained ≥90% percentage of value with very good criteria and student response results obtained ≥90% percentage of value with very good criteria. The feasibility of interactive digital module based on effectiveness aspect was obtained from the result of student learning outcomes test. The result of student learning outcomes test there was an increase of gain score between pretest and posttest is 0.67 with medium criteria and skills competence obtained ≥80% percentage of value with very good criteria . So it can be concluded that the interactive digital module on energy in the system of live is declared to be feasible based on aspects of validity, practicality, and effectiveness.
Keywords: interactive digital module, validity, practicality, effectiveness.