PERANCANGAN KONTEN MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI MEDIA PROMOSI DEDADO BATIK DI SURABAYA
DESIGNING TIKTOK SOCIAL MEDIA CONTENT AS PROMOTION DEDADO BATIK SURABAYA
Kain batik merupakan bahan yang dapat di mix and match menjadi pakaian resmi atau pakaian OOTD (outfit of the day)yang lebih kekinian. Storytelling konten yang kuat harus tetap dipertahankan agar Dedado Batik tidak ketinggalan trending. Pemasalahan utama Dedado Batik yang berdiri sejak tahun 2017, yaitu hanya berfokus pada penjualan offline. Oleh karena itu, untuk mengupayakan tertinggalnya strategi penjualan, ini maka Dedado Batik memutuskan untuk memanfaatkan peluang media sosial Tiktok yang memiliki keunggulan dalam penyebaran kontennya tidak dibatasi oleh followers saja. Pemanfaatan media sosial, bertujuan agar brand lebih mudah terhubung dengan pelanggan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan obyek penelitian yakni Dedado Batik. Pengambilan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan studi literatur, selanjutnya dilakukan analisis Design Thinking sebagai dasar dalam perancangan konsep desain promosi. Hasil perancangan promosi melalui media sosial dalam penelitian ini, menunjukkan bahwa Dengan dukungan Influence yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi, mengubah opini dan perilaku seseorang. Media sosial Tiktok beserta konten didalamnya diharapkan dapat membentuk suatu persepsi baik akan sebuah produk yang semakin dikenal masyarakat, sehingga dapat terjadi kesadaran merek.
Batik cloth is a material that can be mixed and matched into formal clothes or more contemporary OOTD (outfit of the day) clothes. Strong content storytelling must be maintained so that Dedado Batik does not miss the trend. The main problem with Dedado Batik, which was founded in 2017, is that it only focuses on offline sales. Therefore, in order to pursue a lagging sales strategy, Dedado Batik decided to take advantage of Tiktok's social media opportunities, which have the advantage of not being limited to followers only. Utilization of social media, aims to make it easier for brands to connect with customers. This type of research is qualitative with the object of research namely Dedado Batik. Collecting data through interviews, observations, documentation and literature studies, then analysis of Design Thinking is carried out as a basis for designing promotional design concepts. The results of the promotion design through social media in this study, show that with the support of Influence who has the ability to influence, change one's opinion and behavior. Tiktok social media and its content are expected to form a good perception of a product that is increasingly known to the public, so that brand awareness can occur.