Era Globalisasi berdampak pada hampir semua aspek kehidupan, Pendidikan dan kebudayaan merupakan dua diantaranya. Tantangan Pendidikan abad 21 merupakan salah satu dampak globalisasi dalam bidang Pendidikan yang menuntut peserta didik memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi untuk menghadapai dunia di masa depan. Disisi lain Globalisasi juga harus direspon dengan bijak sehingga peserta didik mendapat manfaat dari globalisasi tanpa menghilangkan eksistensi dari budaya lokal Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dan hasil peningkatan HOTS peserta didik setelah diterapkan model pembelajran PBL berbasis kearifan lokal Madura pada mata pelajaran Fisika. Rancangan penelitian ini menggunakan pre-experimental dengan one group Pre-test-postet. Subjek penelitian ini berjumlah tiga kelas dengan satu kelas eksperimen dan dua kelas Replikasi. Keterlaksanaan pembelajaran dianalisis dari lembar keterlaksanaan pembelajaran. Peningkatan HOTS peserta didik diketahui dari hasil Pre-test dan Post-test yang dianalisis menggunakan statistik parametrik uji t berpasangan, dan dilanjutkan dengan menghitung nilai gain ternormalisasi untuk mnegetahui besar peningkatan HOTS peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksaan pembelajaran terlaksana dengan sangat baik dan terdapat peningkatan HOTS peserta didik yang signifikan dengan perolehan rata-rata nilai n-gain sebesar 0,803 setelah diterapkan model pembelajaran PBL berbasis kearifan lokal Madura.
Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), Kearifan Lokal, Higher Order Thinking Skills (HOTS)
The era of globalization has an impact on almost all aspects of life. Education and culture are two of them. The 21th Century Learning Challenges are the impact of Globalization in Education that demand student to have higher-order thinking skills to face the future world, on the other sides Globalization era must be responded wisely so that students get to benefit from globalization without eliminating the existence of Indonesian culture. This research aims to describe the results of learning implementation and the improvement of students HOTS after applied the PBL learning model based on Madura’s local wisdom to physics subject. This research use pre-experimental with one group Pre-test-Post-test design. The subject of this research amount three class with one class experiment and two class replication. learning implementation sheet used to analyzed the learning implementation, and the results of Pre-test-Post-test were analyzed using a statistics parametric of paired t-test and continued with calculated the normalized gain (n-gain) to know the improvement of students HOTS. The results of this research show that the learning implementation done very well and there is a significant increase of students HOTS in high category with an average n-gain score 0.803 after applied the PBL learning
Keywords: Problem Based Learning (PBL), Local Wisdom,Higher Order Thinking Skills (HOTS)