Masker Kain sebagai Media Lukis ada Pembelajaran Seni Rupa di Kelas XII SMA Islam Modo Lamongan
Cloth Masks as Painting Media in Fine Arts Learning in Class XII SMA Islam Modo Lamongan
Masker kain merupakan masker non medis yang terbuat dari kain, memiliki fungsi sebagai penutup mulut dan hidung. Di era pandemi ini masker menjadi kebutuhan yang sangat diperlukan oleh tiap individu dalam beraktifitas, untuk lebih bisa melindungi diri dari virus. Dari situlah terlintas dipikiran peneliti untuk menjadikan masker kain sebagai media lukis dalam pembelajaran Seni Budaya (Seni Lukis). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses pembelajaran Seni Lukis dengan masker kain sebagai mediamya, mendeskripsikan bagaimana hasil karya lukisan siswa kelas XII, dan mengetahui tanggapan guru serta siswa kelas XII SMA Islam Modo Lamongan. Metode yang diginakan dalam penelitian ini adalah metode Kualitatif dan proses pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan Proses pembelajaran Seni Lukis di kelas XII dilaksanakan selama dua kali pertemuan dalam dua minggu, pertemuan pertama siswa diarahkan untuk membuat sketsa, pertemuan kedua siswa sudah mulai memindahkan sketsa pada masker kain. Hasil karya lukis siswa bisa dikatakan cukup baik, meskipun ditemukan beberapa siswa yang mengalami kesulitan, namun dengan kerjasama dan kesabaran, siwapun bisa melewati kesulitan tersebut. Tanggapan guru dan siwa disana juga positif, karena siswa dapat menuangkan imajinasi mereka dalam sebuah karya secara bebas dan melukis suatu hal yang mereka suka.
Cloth masks are non-medical masks made of cloth, which have the function of covering the mouth and nose. In this pandemic era, masks are an indispensable necessity for every individual in their activities, to better protect themselves from the virus. From there it crossed the mind of researchers to make cloth masks as a medium of painting in learning Culture (Art Painting). The purpose of this study was to determine and describe the learning process of painting with cloth masks as a medium, to describe how the work of painting by class XII students, and to find out the responses of teachers and students of class XII at SMA Islam Modo Lamongan. The method used in this research is a qualitative method and the data collection process is carried out by means of observation, interviews, and documentation. From the results of the research conducted, it was concluded that the painting learning process in class XII was carried out for two meetings in two weeks, the first meeting of students was directed to make sketches, the second meeting of students had begun to transfer the sketches to cloth masks. The results of students' painting work can be said to be quite good, although it was found that some students had difficulties, but with cooperation and patience, students were able to overcome these difficulties. The responses of teachers and students there are also positive, because students can express their imagination in a work freely and paint something they like.