ABSTRAK
Puspita, Wedya, 2018. Pengaruh
Permainan Tradisional Pindan Gonnung Terhadap Perkembangan Kognitif dan Motorik
Kasar Anak Kelompok B TK Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo. Tesis. Program
Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi PAUD. Program Pascasarjana Universitas
Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Wahyu Sukartiningsih, M.Pd (II) Dr. Andi Mariono, M.Pd.
Kata Kunci : Permainan
Tradisional Pindan Gonnung, Perkembangan Kognitif, Motorik Kasar
Penelitian
ini bertujuan untuk menguji (1) pengaruh permainan tradisional pindan gonnung
terhadap kemampuan kognitif anak, (2)
pengaruh permainan tradisional pindan gonnung terhadap kemampuan motorik
kasar anak.
Metode
penelitian ini adalah eksperimen dengan jenis One Group Pretest-Posttest , yang disertai dengan pengujian
hipotesis dan melibatkan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok
kontrol. Penelitian ini dilaksanakan di TK PKK Ika Karya Bhakti dan TK PKK
Wijaya Kusuma I Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo pada anak kelompok B. Teknik
pengumpulan data menggunakan lembar tes kemampuan kognitif dan motorik kasar.
Uji statistic yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dengan
menggunakan korelasi Product Moment ,
uji reliabilitas menggunakan Alpha
Cronbach’s , uji normalitas menggunakan Kolmogorov-Smirnov ,
serta uji hipotesis pertama dan hipotesis kedua dengan menggunakan Wilcoxon Matched Pairs Test dengan
bantuan SPSS 22.00 for Windows Evaluation
Version .
Hasil
penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh permainan tradisional pindan
gonnung terhadap perkembangan kognitif anak, hal ini terbukti dari hasil Wilcoxon
Signed Ranks Test sebesar -5,938 dengan p
value (Asymp. Sig 2 tailed ) sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05,
(2) ada pengaruh permainan tradisional pindan gonnung terhadap perkembangan
motorik kasar anak, hal ini terbukti dari hasil
Wilcoxon Signed Ranks Test
sebesar -5,977 dengan p value (Asymp. Sig
2 tailed ) sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05.
Berdasarkan
hasil penelitian dapat diketahui: (1) ada pengaruh permainan tradisional pindan
gonnung terhadap perkembangan kognitif anak kelompok B, (2) ada pengaruh
permainan tradisional pindan gonnung terhadap perkembangan motorik kasar anak
kelompok B. dengan demikian kegiatan permainan tradisional pindan gonnung dapat
digunakan untuk anak usia 5-6 tahun untuk menstimulus perkembangan kognitif dan
motorik kasar anak.
ABSTRACT
Puspita,
Wedya, 2018 . Effect of Traditional Games of Gonnung
Pindan on Rough Cognitive and Motoric Development of Group B Children in Maron
District, Probolinggo District. Thesis. Study Program for Basic Education in
PAUD Concentration. Postgraduate Program in Surabaya State University. Advisor:
(1) Prof. Dr. Wahyu Sukartiningsih, M.Pd (II) Dr. Andi Mariono, M.Pd.
Keywords :
Traditional Games Pindan Gonnung, Rough Cognitive, Motoric Development
This
study aims to examine (1) the influence of traditional gonnung game on
children's cognitive abilities, (2) the influence of traditional gonnung games
on children's gross motor skills.
The
method of this research is an experiment with the type of One Group
Pretest-Posttest, which is accompanied by testing hypotheses and involving two
groups, namely the experimental group and the control group. This research was
conducted at PKK Ika Karya Bhakti Kindergarten and PKK TK Wijaya Kusuma I,
Maron Sub-District, Probolinggo District in group B children. Data collection techniques
used a test sheet of gross cognitive and motor skills. The test statistic used
in this study is the validity test using Product Moment correlation,
reliability test using Cronbach's Alpha, normality test using
Kolmogorov-Smirnov, and the first hypothesis test and the second hypothesis by
using the Wilcoxon Matched Pairs Test with the help of SPSS 22.00 for Windows
Evaluation Version .
The
results showed that (1) there was the influence of traditional gonnung game on
children's cognitive development, this was evident from the results of the
Wilcoxon Signed Ranks Test of -5.938 with p value (Asymp. Sig 2 tailed) of
0,000 which means less than 0.05, (2) there is the influence of traditional
gonnung game on the gross motoric development of children, this is evident from
the results of the Wilcoxon Signed Ranks Test of -5,977 with p value (Asymp.
Sig 2 tailed) of 0,000 which means less than 0.05.
Based
on the results of the study, it can be seen: (1) there is the influence of the
traditional game of gonnung on the cognitive development of group B children,
(2) there is the influence of the traditional game gindung gon to the gross
motoric development of children in group B. Thus traditional gonnung pindan
activities can be used for children ages 5-6 years to stimulate gross cognitive
and motoric development of children.