Penulisan karya tulis ini bertujuan untuk menjelaskan gaya bahasa yang terdapat dalam slogan klub di Bundesliga 2018/2019 dengan teori stilistika sintaksis. Penelitian ini perlu dilakukan karena penggunaan slogan yang sangat sering dijumpai dalam keseharian. Sudah bukan hal yang baru dan langka jika menemui banyak sekali slogan dimana-mana. Slogan menggunakan bahasa yang jelas, singkat, padat, dan penuh makna. Slogan juga digunakan dalam promosi suatu produk atau dari slogan yang dimiliki produsen itu sendiri, yang akan menggambarkan secara singkat namun penuh arti, tentang produk ataupun produsen tersebut, dalam hal ini klub sepak bola.
Subjek yang diteliti oleh adalah slogan formal yang terdapat dalam 18 klub di liga sepak bola di Bundesliga tahun 2018/2019. Objek yang diteliti adalah gaya bahasa yang terdapat pada slogan klub sepak bola di Bundesliga tahun 2018/2019 berdasarkan stilistika sintaksisnya. Data diperoleh dari slogan-slogan klub baik berupa frasa maupun kalimat. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode kualitatif adalah metode yang menghasilkan data deskriptif, yaitu dari yang berupa kata-kata tertulis atau lisan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengamatan dan teknik catat. Data yang dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasilnya, slogan-slogan yang diteliti akan diklasifikasikan sesuai dengan teori stilistika sintaksis dengan berdasarkan panjang-pendek kalimat, jenis kalimat, pola urutan kata, konstruksi kalimat dan diatesis.
Kata kunci: Stilistika Sintaksis, Slogan, Liga Jerman 2018/2019
This paper explains the style of languag in the club’s slogans in Bundesliga 2018/2019 with the syntactic stylistic theory. This research needs to do because of the use of slogans are very common in daily life. It's not a new and rare thing to meet a lot of slogans everywhere. Slogan uses clear, concise, solid, and meaningful language. Slogan also used in the promotion of a product or by the producer itself, which will describe briefly but meaningfully, about the product or producer, in this case the football club.
The subjects studied are formal slogans from 18 clubs participate Bundesliga 2018/2019. The object studied is the style of language found in the slogan of football clubs in Bundesliga 2018/2019 based on its syntactic stylistics. Data are obtained from club slogans in the form of phrases or sentences. This research method is qualitative descriptive. Qualitative methods are methods that produce descriptive data, namely from written or oral words. Collection technique used is the observation technique and note taking technique. Data were analyzed using qualitative descriptive analysis. As a result, the slogans studied will be classified according to the syntactic stylistic theory based on sentence lengths, sentence types, word order patterns, sentence construction and diathesis.
Keywords: Stylistika Syntax, Slogan, German League 2018/2019