PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN KOMUNIKASI BISNIS SEMESTER GENAP KELAS X BDP SMK NEGERI 1 LAMONGAN
DEVELOPMENT OF STUDENT ACTIVITY SHEETS IN THE EVEN SEMESTER OF BUSINESS COMMUNICATION SUBJECT FOR CLASS X BDP SMK NEGERI 1 LAMONGAN
PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN KOMUNIKASI BISNIS SEMESTER GENAP KELAS X BDP
SMK NEGERI 1 LAMONGAN
Nama : Diana Retno Andriyani
NIM : 16080324003
Program Studi : Pendidikan Tata Niaga
Jurusan : Pendidikan Ekonomi
Fakultas : Ekonomi
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Drs. Saino, M.Pd
Pembelajaran dalam Kurikulum 2013 Edisi Revisi 17 kini telah diterapkan di seluruh sekolah di Indonesia mulai dari jejang Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menegah Kejuruan. Pembelajaran pada kurikulum 2013 revisi 17 ini membutuhkan bahan ajar yang dapat memfasilitasi peserta didik dalam proses pembelajaran salah satunya adalah lembar kegiatan peserta didik yang dapat membantu peserta didik dalam mengasah kemampuan kongnitif, psikomotor, dan afektif untuk persiapan dalam menghadapi dunia usaha dan dunia industri. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui proses pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Komunikasi Bisnis, 2) Mengetahui kelayakan Lembar Kegiatan Peserta Didik yang dikembangkan, 3) Mengetahui respon peserta didik terhadap Lembar Kegiatan Peserta Didik komunikasi bisnis. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yakni Define, Design, Development, and Desseminate, tetapi pada penelitian ini dibatasi sampai pada tahap Develop. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi ahli materi, ahli bahasa, ahli kegrafikan, dan respon peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan Lembar Kegiatan Peserta Didik yang telah dikembangkan memperoleh persentase nilai dari ahli materi sebesar 88%, ahli bahasa 85%, dan ahli kegrafikan 99%, sedangkan pada respon peserta didik ujii coba terbatas dengan 10 peserta didik mendapatkan kelayakan sebesar 100% dan uji coba lapangan dengan 36 peserta didik mendapatkan kelayakan sebesar 96%.
Kata Kunci : Lembar Kegiatan Peserta Didik, Komunikasi Bisnis. Kurikulum 2013 Revisi 17.
Name : Diana Retno Andriyani
Study Program : Bachelor of Business Administration
Education
Major : Economic Education
Faculty : Economic
Name of Institution : Surabaya State University
Supervisor : Drs. Saino, M.Pd
Learning in the 2013 Revised Curriculum Edition 17 has now been implemented in all schools in Indonesia, starting from elementary schools, junior high schools, and vocational high schools. Learning in the 2013 revision 17 curriculum requires teaching materials that can facilitate students in the learning process, one of which is student activity sheets that can help students hone their cognitive, psychomotor, and affective skills for preparation in facing the business world and the industrial world. This study aims to 1) Know the process of developing the Business Communication Student Activity Sheet, 2) Knowing the feasibility of the Student Activity Sheet being developed, 3) Knowing the students' response to the Business Communication Student Activity Sheet. This study uses a 4D development model namely Define, Design, Development, and Desseminate, but in this study it is limited to the Develop stage. The research instrument consisted of a validation sheet for material experts, linguists, graphic experts, and student responses. Based on the results of the research and discussion of the Student Activity Sheet that had been developed, the percentage of scores from material experts was 88%, linguists 85%, and graphic experts 99%, while in the response of students on limited trials with 10 students got 100% eligibility and field trials with 36 students get 96% eligibility.
Keywords: Student Activity Sheet, Business Communication. Curriculum 2013 Revision 17.