Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh permainan Hydrocarbons Chem-Rush yang layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi Hidrokarbon kelas XI SMA berdasarkan validitas, kepraktisan, dan keefektifan permainan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) oleh Sukmadinata yang terdiri dari tiga tahapan utama yaitu (1) studi pendahuluan, (2) pengembangan, (3) pengujian. Penelitian ini hanya dilakukan sampai uji coba terbatas. Penelitian dilakukan di Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya dan di kelas XI MIPA 1 MA Negeri 2 Gresik. Uji coba permainan menggunakan sistem One Group Pretest-Posttest Design. Validitas diperoleh dari penilaian permainan Hydrocarbons Chem-Rush oleh validator. Kepraktisan diperoleh dari hasil angket respon peserta didik dan hasil observasi aktivitas peserta didik selama menggunakan permainan. Keefektifan diperoleh dari hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, permainan Hydrocarbons Chem-Rush dinyatakan valid dengan memperoleh presentase validitas sebesar 73,33% - 93,33% dari validitas isi dan validitas konstruk, kepraktisan permainan memperoleh kategori sangat praktis berdasarkan angket respon peserta didik yang memperoleh presentase kepraktisan 92,16%, untuk aktivitas peserta didik memperoleh presentase 88,45% sementara untuk keefektifan permainan Hydrocarbons Chem-Rush dinyatakan efektif ditinjau dari peningkatan hasil belajar peserta didik yang memperoleh skor N-Gain sebesar 0,7 dan presentase ketuntasan klasikal hasil belajar sebesar 88%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka permainan Hydrocarbons Chem-Rush dinyatakan layak sebagai media pembelajaran pada materi hidrokarbon.
The aim of this research is to get the feasilbility of Hydrocarbons Chem-Rush game as a leraning media in hydrocarbon material based on validity, practicality, and effectiveness of the game. This research use a Research and Development (R&D) method by Sukmadinata which concist of three main stages,(1)introduction, (2) develepment, and (3) trial. This research only done until limited trial test. This research was conducted in Chemistry Department of Math and Science, State University of Surabaya and in the XI MIPA 1 at MAN 2 Gresik. Trial test of this game use the One Group Pretest-Posttest Design. Validity obtained from the assessment of the Hydrocarbons Chem-Rush game by the validator. Practicality obtained from the results of the questionnaire responses of students and observations of student activities while using the game as learning media. Effectiveness obtained from the learning outcomes of students. Based on the result, Hydrocarbons Chem-Rush game declared valid with percentage of validity 73,33% - 93,33% from content validity and construct validity, the practicality of the game obtained a very practicaly category based on the questionnaire response of students with percentage of 92.16 %, for the student activities obtain a percentage of 88.45%, while the effectiveness of the Hydrocarbons Chem-Rush game declared effective in terms of improving learning outcomes of students who obtained N-Gain score of 0.7 and a percentage of classical completeness of learning outcomes 88%. Based on the results of this research, Hydrocarbons Chem-Rush game is declared feasible as a learning media in chemistry material, hydrocarbon.