Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar guru mata pelajaran humas dan keprotokolan kelas XI semester genap di SMK Negeri 4 Surabaya. Produk yang akan dihasilkan berupa buku ajar guru dengan berbasis discovery learning sesuai dengan kurikulum 2013 revisi 2017. Penggunaan model pembelajaran discovery learning pada buku ajar guru agar guru memiliki opsi model pembelajaran yang lebih beragam dalam proses pembelajaran.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D dari Thiagarajan (1974) terdiri dari 4 tahapan pengembangan yaitu tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan), tahap develop (pengembangan), dan tahap disseminate (penyebaran). Produk buku ajar guru yang dikembangkan divalidasi oleh 4 ahli yang terdiri dari 2 ahli materi, 1 ahli bahasa, dan 1 ahli grafik. Penelitian pengembangan ini dilakukan di SMK Negeri 4 Surabaya dengan subjek penelitian 10 orang guru yang mengajar di Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran.
Hasil validasi buku ajar guru dari ahli materi memperoleh persentase sebesar 82,6% dengan kategori sangat kuat, validasi ahli grafik memperoleh persentase sebesar 80% dengan kategori kuat, dan validasi ahli bahasa memperoleh persentase sebesar 80% dengan kategori kuat. Keseluruhan hasil validasi para ahli dengan total sebesar 80.8% dengan kategori kuat yang diadaptasi dari Riduwan (2013). Hasil uji coba terbatas pada guru memperoleh persentase sebesar 83% dengan kategori sangat kuat. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa buku ajar guru pada mata pelajaran humas dan keprotokolan kelas XI OTKP yang telah dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci : Buku ajar guru, Pengembangan, Discovery Learning, Humas dan Keprotokolan
This research aims to develop the teacher teaching book of PR subjects and the protocol of XI class of even semester in SMK Negeri 4 Surabaya. Product that will be produced in the form of teacher teaching book with discovery-based learning according to curriculum 2013 revision 2017. The use of discovery learning models on teacher teaching books for teachers to have more diverse learning model options in the learning process.
The method used in this research is a type of research and Development (R&D) with a 4-D development model from Thiagarajan (1974) consists of 4 stages of development namely the define (defining) phase, the design phase (development), phase of develop, and phase disseminate (dissemination). The teacher's teaching book products are developed validated by 4 experts consisting of 2 material experts, 1 linguist, and 1 graphic expert. This development research was conducted in SMK Negeri 4 Surabaya with a research subject of 10 teachers who teach at the office of governance automation.
The validation results of teacher teaching books from material experts gained a percentage of 82.6% with very strong categories, graph expert validation gained a percentage of 80% with strong categories, and validation of linguists gained a percentage of 80% with Strong categories. Overall validation results of experts with a total of 80.8% with strong categories adapted from Riduwan (2013). The trial results are limited to the teacher earning a percentage of 83% with very strong categories. Therefore, it can be concluded that the teacher's teaching book on the subject of PR and the protocol of XI OTKP class has been developed worthy to be used in the learning process.
Keywords: book teacher, development, Discovery Learning, PR and protocol