PENGEMBANGAN MEDIA KALENDER DONGENG UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR
DEVELOPMENT OF FAIRYTALE CALENDAR MEDIA FOR LISTENING SKILLS OF GRADE III ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengembangkan atau menghasilkan produk media Kalender Dongeng. Pengembangan media Kalender Dongeng ini bertujuan untuk menjelaskan proses pengembangan media Kalender Dongeng, untuk mengetahui kevalidan media Kalender Dongeng, dan untuk mengetahui kepraktisan media Kalender Dongeng untuk keterampilan menyimak siswa kelas III Sekolah Dasar yang akan menjadi alternatif media pembelajaran yang layak digunakan oleh siswa dengan kualifikasi valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model penelitian ADDIE yang memiliki lima tahapan (analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi). Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi dan lembar angket. Hasil uji validasi media yang dikembangkan memperoleh persentase sebesar 91% dan dinyatakan sangat valid. Uji validasi materi memperoleh persentase sebesar 90% juga dinyatakan sangat valid. Sedangkan untuk uji kepraktisan media dinyatakan sangat praktis dengan hasil persentase sebesar 100% dari pengisian angket guru dan mendapatkan persentase 100% dari pengisian angket siswa. Berdasarkan hasil kevalidan dan kepraktisan tersebut, dapat disimpulkan bahwa media Kalender Dongeng untuk keterampilan menyimak siswa termasuk dalam kategori sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan pada saat pembelajaran.
Kata Kunci: pengembangan, Kalender Dongeng, dongeng, keterampilan menyimak
The purpose of this research is to develop or produce products media Calendar Fairy tale. The development of media Calendar Fairy tale aims to explain the process of the development of media Calendar Fairy tale, to determine the validity of media Calendar Fairy tale, and to know the practicality media Calendar Fairytale for the skills of listening students of class III Elementary School which will be an alternative medium of learning that is fit for use by students with qualifications valid and practical. This study uses the research methods of Research and Development (R&D) with a model of research, ADDIE has five stages (analysis, design, development, implementation, and evaluation). The instrument of data collection in the form of validation sheet and sheet questionnaire. The results of the validation test media that are developed to obtain the percentage of 91% and stated very valid. Validation test material to obtain a percentage of 90% also expressed very valid. Meanwhile, to test the practicality of the media expressed very practical with the results of percentage equal to 100% of the charging on the teacher questionnaire and get a percentage of 100% of the filling of the questionnaire of students. Based on the results of the validity and practicality, it can be concluded that media Calendar Fairytale for the skills of listening students included in the category of very valid and very practical to use at the time of learning.
Keywords: development, Fairytale Calendar, fairy tales, listening skills