PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI DAN UTILITAS GEDUNG PROGRAM KEAHLIAN DPIB
DEVELOPMENT OF ANIMATED VIDEO LEARNING MEDIA OF BUILDING CONSTRUCTION AND UTILITY DPIB SKILLS PROGRAM
Konstruksi dan Utilitas Gedung merupakan yang mempelajari semua hal mengenai meracang bangunan dalam bentuk gambar. Salah satu materi pada mata pelajaran tersebut adalah instalasi listrik. Penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran ini kurang memanfaatkan teknologi yang tersedia. Media yang digunakan pendidik hanyalah media konvesional seperti ceramah. Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran berbasis video animasi mengunakan apikasi Canva. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pengembangan, kelayakan oleh para ahli, dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran video tutorial pada mata pelajaran konstruksi dan utilitas gedung.
Penelitian pengembangan video tutorial ini menggunakan model penelitian 4D dari Thiagarajan dan Semmels (1974) yaitu: (1) Define, menganalisis permasalahan untuk mendapatkan informasi sebagai acuan perancangan media pembelajaran; (2) Design, membuat rancangan awal produk yang dikembangkan dengan aplikasi Canva; (3) Develop, melakukan uji kelayakan atau validasi oleh para ahli dan melakukan uji coba kepada peserta didik kemudian melakukan perbaikan/revisi produk tersebut; (4) Disseminate, menyebarluaskan produk. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan penyebaran angket. Angket validasi perangkat pembelajaran diisi oleh para ahli atau validator yakni satu dosen S1 Pendidikan Teknik Bangunan Unesa dan pendidik mata pelajaran konstruksi dan utilitas gedung kelas XI DPIB SMKN 1 Sidoarjo. Angket respon peserta didik diisi oleh 34 peserta didik kelas XI DPIB SMKN 1 Sidoarjo.
Hasil kelayakan perangkat pembelajaran untuk kelayakan angket respon peserta didik mendapatkan persentase 87,50% dengan kriteria “Sangat Layak”, kelayakan media pembelajaran mendapatkan persentase 85,63% dengan kriteria “Sangat Layak. Dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran pada penelitian ini layak diujicobakan. Hasil respon peserta didik terhadap media pembelajaran video animasi mendapatkan persentase 81,95% dengan kriteria “Sangat Layak”. Sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran ini sangat layak digunakan untuk pembelajaran pada materi instalasi listrik.
Kata Kunci: Video animasi, konstruksi dan utilitas gedung, kelayakan, respon peserta didik.
Building Construction and Utilities is the study of everything about designing buildings in the form of drawings. One of the materials in this subject is electrical installation. The use of learning media in this learning process does not take advantage of available technology. The media used by educators is only conventional media such as lectures. This research develops animated video-based learning media using the p application. The aim of this research is to determine development procedures, feasibility by experts, and student responses to video tutorial learning media on building construction and utility subjects.
This video tutorial development research uses the 4D research model from Thiagarajan and Semmels (1974), namely: (1) Define, analyze problems to obtain information as a reference for designing learning media; (2) Design, creating an initial design for the product developed using the Canva application; (3) Develop, carry out feasibility tests or validation by experts and carry out trials on students and then make improvements/revisions to the product; (4) Disseminate, spreading the product. Data collection was carried out by observation, interviews and distributing questionnaires. The learning device validation questionnaire was filled out by experts or validators, namely one Unesa Building Engineering Education Bachelor lecturer and class XI DPIB SMKN 1 Sidoarjo construction and building utility subject educators. The student response questionnaire was filled in by 34 students of class XI DPIB SMKN 1 Sidoarjo.
The results of the feasibility of learning devices for the feasibility of the student response questionnaire got a percentage of 87.50% with the criteria "Very Feasible", the feasibility of learning media got a percentage of 85.63% with the criteria "Very Feasible". It can be concluded that the learning tools in this research are worth trying. The results of student responses to animated video learning media obtained a percentage of 81.95% with the criteria "Very Eligible". So it can be concluded that this learning media is very suitable for use for learning electrical installation material.
Keywords: Animation video, building construction and utility, feasibility, student responses.