Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ideologi partai politik dan nilai – nilai kepribadian terhadap proses pengambilan kebijakan pendidikan di DPRD Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data di uji menggunakan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas, uji linieritas, uji multikolonieritas dan menggunakan teknik analisis data regresi ganda, analisis uji T (pengaruh secara parsial) dan uji F (pengaruh secara simultan) dan penghitungan data di bantu dengan program SPSS 21.0.
Berdasarkan hasil analisis data pada uji T variabel ideologi politik secara parsial berpengaruh terhadap variabel proses pengambilan kebijakan pendidikan sebesar 0,000, serta variabel nilai – nilai kepribadian secara parsial berpengaruh terhadap variabel proses pengambilan kebijakan pendidikan sebesar 0,026.. Nilai signifikan variabel ideologi partai politik dan nilai – nilai kepribadian terhadap proses pengambilan kebijakan pendidikan yang diperoleh adalah sebesar 0,000. Nilai signifikan ini lebih kecil dari nilai alpha yaitu 0,05 dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, artinya ideologi partai politik dan nilai – nilai kepribadian secara bersama-sama berpengaruh terhadap proses pengambilan kebijakan pendidikan di DPRD Kota Surabaya. Adapun besarnya pengaruh ideologi partai politik dan nilai – nilai kepribadian terhadap proses pengambilan kebijakan pendidikan yaitu sebesar 54.1%.
Kata Kunci : Ideologi Partai Politik, Nilai – Nilai Kepribadian, Pengambilan Kebijakan Pendidikan, Dewan Legislatif, Ideologi
This research was conducted to examine the influence of political party ideology and personality values on the educational policy making process in the Surabaya City legislative council. This research uses quantitative methods. The data was tested using the analysis requirements test, namely the normality test, linearity test, multicollinearity test and using multiple regression data analysis techniques, analysis of the T test (partial effect) and F test (simultaneous effect) and the calculation of data assisted with the SPSS 21.0 program.
Based on the results of data analysis on the T test the political ideology variable partially influences the educational policy making variable by 0,000, and the personality values variable partially influences the education policy making variable by 0.026.. The significant value of the political party ideology variable and the personality values of the educational policy making process obtained was 0,000. This significant value is smaller than the alpha value of 0.05, so H0 is rejected and H1 is accepted, meaning that the ideology of political parties and personality values together influence the educational policy making process in the Surabaya City legislative council. The magnitude of the influence of political party ideology and personality values on the educational policy making process that is equal to 54.1%..
Keywords: Political Party Ideology, Personality Values, Education Policy Making, Legislative Council, Ideology