Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Dalam media ini terdapat berbagai macam fitur diantaranya yaitu, materi, video, latihan soal, tugas siswa, fitur mengunduh materi, fitur melihat nilai siswa, dan fitur guru untuk mengubah soal sehingga siswa dapat belajar banyak referensi-referensi soal latihan. Dalam penelitian ini dilakukan pengujian kevalidan media pembelajaran kepada para validator. Skor validasi yang diperoleh dari ahli media, media ini dikategorikan sangat valid dengan hasil 3,80. Hasil validasi dari validator soal memperoleh hasil 3,75. Skor validasi materi mendapatkan nilai sebesar 3,50. Skor validasi RPP memperoleh nilai persentase sebesar 86%. Skor validasi angket respon siswa memperoleh nilail sebesar 3,88. Penelitian ini melibatkan 70 siswa yang terditi dari kelas eksperimen dan kelas kontrol pada kelas X TKJ SMK Kartika 1 Surabaya. Penelitian ini menggunakan soal Prestest dan Posttest untuk mengetahui nilai siswa dalam belajar. Menurut nilai yang didapatkan dari penelitian terhadap pemberian perlakuan pada siswa melalui media pembelajaran berbasis Android yaitu nilai siswa menjadi meningkat. Nilai rata-rata nilai posttest siswa yang memanfaatkan media berbasis Android lebih besar yaitu 85 daripada nilai ratarata nilai posttest siswa yang tidak memanfaatkan media berbasis Android yaitu 81,13. Menurut nilai angket respon siswa pada media mendapatkan persentase sebesar 91,7% maka kesimpulannya adalah media ini dapat digunakan untuk membantu kegiatan belajar. Dengan hasil peningkatan nilai siswa kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol, ini dapat membuktikan pemanfaatan media pembelajaran berbasis Android dapat membantu memperbaikinilai siswa dalam belajar.
This research is a development research. In this media there are many kind of features, those are lessons material, video, exercises, student’s tasks, material download feature, student score preview feature, and feature that allows teacher to change questions to make them able to learn many references of exercise.Learning media’s validity testing was conducted to all validator in this research. Validation result which got from media expert shows that this learning media is categorized as very valid with 3.8 as the result. Validation result of question validator is 3.5 which categorized as very valid. Validation result of RPP validator is 86% as a percentage result and it is categorized as very valid. Validation result of student respond questioner validator is 3.88 and categorized as very high. This research involved 70 students which consist of experiment group and control group 1st grade Technical Computer and Network of SMK Kartika 1 Surabaya. This research used Pretest question and Posttest question to achieve students’ learning result. Based on research result of students had used android media, it shows that their score are increased. The average of student posttest score who applied android media is 85 greater than the average of those who did not apply the same media which only get 81.13. The result of student respond questioner is 91.7% with category as very simple then it can summarized that learning media, android is worth to use as a learning activities. As the increasing of student score from experiment group which is higher than control group proved that android media application can help in charge of increasing student score.