ABSTRAK
Andhari, Winny. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, Pembimbing: (I) Prof. Dr. Siti Maghfirotun Amin, M. Pd. dan (II) Dr. Tatag Yuli Eko Siswono, M. Pd.
Kata Kunci: kreativitas, pembelajaran matematika realistik.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika realistik untuk meningkatkan kreativitas siswa. Pengembangan perangkat pembelajaran materi pengukuran Kelas III menggunakan model 4-D. Untuk mengetahui peningkatan kreativitas siswa dilakukan implementasi dengan penelitian deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Aspek kevalidan terpenuhi karena hasil validasi perangkat yang dikembangkan menunjukkan valid dengan hasil validasi semua validator untuk setiap aspek minimal 3 dan setiap butir soal yang disusun telah memenuhi ktiteria valid dengan nilai ≥ 0,40, reliabel dengan nilai 0,85, dan nilai sensitivitas setiap butir soal ≥ 0,40. Aspek kepraktisan terpenuhi karena skor penilaian kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran baik dan siswa terlibat aktif. Aspek keefektifan terpenuhi karena dari respon siswa positif dapat diketahui dari jumlah siswa yang memberikan respon positif ≥ 70% dan ketuntasan belajar secara klasikal telah tercapai sebesar 82%.
Untuk mengetahui keefektifan pembelajaran matematika realistik, dilaksanakan implementasi untuk perangkat yang telah dikembangkan dan diperoleh ketuntasan belajar secara klasikal telah tercapai sebesar 85%. Penilaian kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran dalam kategori efektif. Aktivitas siswa dalam kategori efektif. Respon siswa positif dapat diketahui dari jumlah siswa yang memberikan respon positif ≥ 70%. Hasil N-Gain menunjukkan bahwa kreativitas siswa memeroleh nilai minimal 0,3 dengan kategori sedang yang artinya meningkat.
ABSTRACT
Andhari, Winny. 2018. Development of Realistic Mathematics Learning Tools to Increase Students’ Creativity for Elementary School. Thesis, Primary Education Studies Program, Postgraduate Program of Surabaya State University, Supervisors: (I) Prof. Dr. Siti Maghfirotun Amin, M. Pd. and (II) Dr. Tatag Yuli Eko Siswono, M. Pd.
Keywords: Creativity, Realistic Mathematics Learning
This study aims at produce an realistic mathematics learning to enhance students’ creativity. 4-D model was used to develop the instructional materials for measurement unit at Grade III. To know that the learning does enhance the students’ creativity the research implemented a descriptive research.
The results show that the instructional materials meet the criteria validity, practically, and effectiveness. The validity aspect is met because the validation result indicate that valid because category the validation result of all validators for every aspect of at least 3 and while each item had compiled valid criteria with value ≥0,40, reliable with value 0,85, and the value of the sensitivity of each item was ≥0,40. The practical aspect was fulfilled because the score of theachers ability assessment in carrying out the learning was good and students are actively. The effectiveness aspect was fulfilled because from the number of student who gave positive response ≥ 70% and classical learning mastery had been reached is 82%.
To determine the effectiveness of realistic mathematics learning, the resources which had been prepared were implemented and classical learning mastery had been reached is 85%. The teachers ability assessment in carrying out the learning was effective. The students activity was effective. Positive student responses could be seen from the number of student who gave positive response ≥ 70%. The N-Gain results showed that students' creativity gained a minimum score of 0.3 with a moderate category which meant increasing.