Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan LKPD berorientasi blended learning untuk melatihkan keterampilan berpendapat pada materi reaksi oksidasi dan reduksi yang valid digunakan dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan berdasarkan model 4D dari Thiagarajan, dkk (1974) dengan tahapan pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop) dilanjutkan dengan uji coba tanpa melalui tahap penyebarluasan (disseminate).LKPD ini ditelaah oleh 2 (dua) orang dosen Kimia Universitas Negeri Surabaya dan 1 (satu) orang guru kimia SMA Negeri 11 Surabaya. Sasaran penelitian adalah 16 orang peserta didik SMA Negeri 11 Surabaya. Instrumen yang digunakan untuk menilai validitas LKPD dalam melatihkan keterampilan berpendapat pada materi reaksi oksidasi dan reduksi ini yaitu lembar validasi LKPD dengan kriteria yang dinilai adalah dari segi validitas isi dan konstruk. Hasil rata-rata uji validitas untuk LKPD 1 adalah sebesar 84,35%; LKPD 2 sebesar 83,61%; dan LKPD 3 sebesar 84,35% yang semuanya termasuk dalam kriteria sangat baik (valid).
Kata kunci: LKPD, Blended Learning, Keterampilan Berpendapat, Reaksi Oksidasi dan Reduksi
This research has an aim to develop a valid student worksheet (LKPD) oriented to blended learning to practice the student’s argumentation skill of oxidation and reduction reaction materials used in the learning process. The type of research used is development research based on the 4D model of Thiagarajan, et al (1974) with the stages of defining, designing, and developing followed by trials without disseminate. This LKPD was reviewed by two Chemistry lecturers from Universitas Negeri Surabaya and one chemistry teacher from SMA Negeri 11 Surabaya. The target of this study was 16 students of SMA Negeri 11 Surabaya. The instruments used to appraise the validity of LKPD in practicing student’s argumentation skills is validation sheet with the criteria assessed is in terms of content validity and construct. The average result of the validity test for LKPD 1 is 84.35%; LKPD 2 is 83.61%; and LKPD 3 is 84.35%, all of which are included in the criteria of very good (valid).
Keywords: Student Worksheets, Blended Learning, Argument Skill, Reduction Oxidation Reaction