Pengaruh efikasi diri siswa terhadap hasil belajar ekonomi dalam pembelajaran daring
Sebagai respon dari adanya pandemi Covid-19, kementrian pendidikan melalui surat edaran nomor 4 tahun 2020 memberitahukan bahwa proses belajar dilakukan dari rumah melalui pembelajaran daring. Alokasi waktu yang dilaksanakan dalam pembelajaran daring masa pandemi lebih singkat dari pembelajaran konvensional sebelumnya. Dalam proses pembelajaran, efikasi diri akademik merupakan hal yang sangat penting. Melalui tujuan yang jelas serta keyakinan diri, efikasi diri akademik dapat menjadi penentu kesuksesan perilaku akademik dimasa yang akan datang. Artikel ini bertujuan untuk memaparkan hasil penelitian tentang pengaruh efikasi diri siswa terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS SMAN 1 Sidoarjo pada mata pelajaran ekonomi dalam pembelajaran daring. Jenis penelitian ini adalah eksplanasi dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Sidoarjo yang berjumlah 109 orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 85 siswa dipilih menggunakan teknik simple random sampling, pengambilan anggota sampel dilakukan secara acak sehingga dapat dianggap anggota populasi bersifat homogen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif meliputi uji prasyarat analisis (uji normalitas dan uji linearitas) dan analisis regresi sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa efikasi diri siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Sidoarjo tidak berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi dalam pembelajaran daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri siswa bukan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar dalam pembelajaran daring.
In response to the Covid-19 pandemic, the ministry of education through circular letter number 4 of 2020 informed that the learning process will be carried out from home through online learning. The time allocation carried out in online learning during the pandemic is shorter than conventional learning. In the learning process, academic selfefficacy is very important. Through clear goals and self-confidence, academic selfefficacy can determinant of the success of academic behavior in the future. This article aims to describe the results of research on the effect of student self-efficacy on student learning outcomes of 10th grade social major students at SMAN 1 Sidoarjo on economic subjects in online learning. This type of research is an explanation and uses a quantitative approach. The population in this study were 109 students of 10th grade social major students at SMA Negeri 1 Sidoarjo, while the sample in this study were 85 students selected using simple random sampling technique. The data collection techniques used were questionnaires and documentation. The data analysis technique used in this research is simple regression analysis. The results of this study indicate that the self-efficacy of 10th grade social major students at SMA Negeri 1 Sidoarjo has no effect on economic learning outcomes in online learning. The results showed that students' self-efficacy was not one of the factors that influenced learning outcomes in online learning.