Pengalaman Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas dalam Pembelajaran Online Bahasa Inggris di Masa Pandemi
Senior High School Students’ Learning Experiences of Online English Learning during Pandemic
Siswa sekolah menengah atas harus mempelajari bahasa Inggris karena itu termasuk mata pelajaran utama pada tingkat sekolah menengah atas di Indonesia. Namun, akibat wabah COVID-19, semua kegiatan dihentikan, termasuk institusi pendidikan yang memaksa setiap sekolah beralih dari pembelajaran tatap muka ke pembelajaran online bahasa Inggris. Situasi ini menyebabkan siswa mengalami banyak hal baru selama proses pembelajaran. Selain memberikan berbagai pengalaman baru, berbagai masalah juga muncul. Terdapat penelitian tentang pengalaman belajar siswa dari pembelajaran online ditingkat perguruan tinggi, namun hanya sedikit penelitian yang dilakukan untuk tingkat sekolah menengah. Selain itu, pembelajaran online bahasa Inggris membutuhkan platform yang ramah untuk mendukung partisipasi siswa. Bukan hanya sekedar sering digunakan, tetapi juga berguna untuk pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas di Sidoarjo, Indonesia. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui platform pembelajaran online yang paling berguna untuk pembelajaran bahasa Inggris dan untuk mengetahui pengalaman belajar siswa, khususnya dalam perangkat teknologi yang digunakan selama pembelajaran online bahasa Inggris, kualitas pembelajaran online bahasa Inggris, dan isu-isu mengenai pembelajaran online bahasa Inggris selama pandemi COVID-19. Metode penelitian kuantitatif digunakan untuk mendapatkan data berupa angka. Dalam penelitian ini, kuesioner online digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa platform pembelajaran online bahasa Inggris yang paling berguna adalah Google Classroom. Mayoritas siswa menggunakan smartphone selama pembelajaran online bahasa Inggris. Sedangkan untuk kuliatas pembelajaran, efisiensi, fleksibilitas, dan pengembangan keterampilan siswa adalah poin utama dari pembelajaran online bahasa Inggris. Akan tetapi, materi pembelajaran, manajemen waktu, antusiasme, lingkungan belajar, tugas, serta akses internet dan aksesibilitas teknologi adalah berbagai kendala yang dialami siswa.
Senior high school students have to take English subjects since it is essential in senior high school in Indonesia. However, due to CoVID-19 outbreaks, all activities are stopped, including the Educational Institution, which is forced every school to shift from face-to-face learning to online English learning. This situation leads students to experiences a lot of new things during the learning process. It does not only lead to generating various experiences but also various problems as well. There is many research regarding students’ learning experiences of online learning at the undergraduate level, yet only a few studies are conducted for the high school level. In addition, online English learning needs a friendly platform to gain the students’ participation, not only to be used often but useful for learning. This study was conducted at Senior High School in Sidoarjo, Indonesia. The main aim of the study was to explore the most useful online learning platform for learning English and to investigate the students’ learning experiences in terms of the technological devices used for online English learning, the quality of online English learning, and the issues regarding online English learning during COVID-19 pandemic. This study used the quantitative research method to get numerical data. In this research, online-administered questionnaires were used to gather data. The finding indicated that the most useful online learning platform is Google Classroom. The majority of students are using smartphones during online English learning. The efficiency, flexibility, and development skills are the highlights of online English learning. However, the students also experienced some issues regarding learning material, time management, enthusiasm, study environment, assignments, and internet access and technology accessibility.