ANALISIS LUKISAN ANAK-ANAK PAUD ASY-SYAFI’IYYAH
KARANGPOH KRIAN JAWA TIMUR
PAINTING ANALYSIS OF ASY-SYAFI'IYYAH PAUD CHILDREN
KARANGPOH KRIAN EAST JAVA
Abstrak
Seni difungsikan oleh anak sebagai media ungkapan perasaan, ide, gagasan dan pikiran anak. Karyanya sebagai alat bermain imajinasi, mengutarakan ide dan juga sebagai media komunikasi. Penelitian dengan judul “ Analisis Lukisan Anak-anak PAUD Asy-Syafi’iyyah Karangpoh Krian Jawa Timur” bertujuan untuk mendeskripsikan konsep lukisan, tema lukisan dan karakteristik bentuk visual lukisan anak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi literatur. Melalui analisis data hasil karya lukisan anak yang telah diambil dari 20 anak di PAUD Asy-Syafi’iyyah diperoleh simpulan bahwa lingkungan memengaruhi kreativitas anak dalam pengambilan konsep lukisan mereka dan tanpa adanya suatu batasan tema yang telah ditentukan membuat anak semakin leluasa untuk berimajinasi serta menuangkan pemikirannya dalam bentuk sebuah lukisan. Berdasarkan wawancara yang dilakukan kepada anak-anak, mereka melukis berdasarkan imajinasi, pengalaman dan kretivitasnya. Karakteristik bentuk visual lukisan anak menunjukkan perkembangan yang beragam sesuai umur dan kemampuannya. Dari hasil lukisan anak dapat dilihat bahwa unsur visual garis sudah terkontrol dan sudah dapat terarah, bentuk visual objek sudah dikenali, pemilihan warna sesuai dengan imajinasi dan warna kenyataan, beberapa sudah dapat menggunakan konsep bentuk keruangan dan waktu. Sehingga dari penelitian ini perkembangan psikologi anak dapat dilihat di dalam hasil karyanya.
Kata kunci: analisis lukisan, lukisan anak, PAUD Asy-Syafi’iyyah
Abstract
Art is used by children as a medium for expressing feelings, ideas, ideas and thoughts of children. They work is a tool for playing imagination, expressing ideas and also as a medium of communication. The research entitled "Analysis of Children's Painting PAUD Asy-Syafi'iyyah Karangpoh Krian, East Java" aims to describe the concept of painting, the theme of painting and the characteristics of the visual form of children's paintings. This study uses a qualitative descriptive method, with data collection methods through observation, interviews, documentation and literature study. Through data analysis of children's painting work that have been taken from 20 children in PAUD Asy-Syafi'iyyah, it is concluded that the environment affects children's creativity in conceptualizing their paintings and without a predetermined theme boundary makes children more free to imagine and express their thoughts in the form of a painting. Based on interviews conducted with children, they paint based on their imagination, experience and creativity. Characteristics of the visual form of children's paintings show various developments according to their age and abilities. From the result of children’s paintings, it can be seen that the line elements have been controlled and can be directed, the visual form of object has been recognized, the color selection is in accordance with the imagination and the color of reality, some have been able to use concept of spatial and temporal forms. So that from this research the development of child psychology can be seen in the result of them work.
Key words: analysis of paintings, children’s paintings, PAUD Asy-Syafi’iyyah