ABSTRAK
Kompetensi pedagogik merupakan salah satu komponen penting yang harus dimiliki oleh guru. Kompetensi pedagogik ini penting terutama dalam upaya memahami karakteristik peserta didik, mengelola pembelajaran, hingga mengembangkan berbagai potensi peserta didik secara efektif dan optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru dalam proses pembelajaran anak berkebutuhan khusus.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: reduksi data, analisis data, penyajian data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kompetensi pedagogik 6 guru di SDLB/C Alpa Kumara Wardhana II Surabaya telah mencapai ketujuh aspek yang ditetapkan walaupun pada aspek pembelajaran yang mendidik dan pengembangan potensi peserta didik masih belum tercapai. Asesmen dilakukan sebagai langkah awal untuk mengenal karakteristik dari setiap peserta didik. Selama pembelajaran, guru menggunakan berbagai metode mengajar tetapi jarang menggunakan media. Guru selalu menggunakan pertanyaan untuk menjaga partisipasi dan mengukur pemahaman peserta didik. Pada indikator mengembangkan bakat dan minat, guru lebih berfokus untuk mengembangkan kemampuan non akademik. Sementara penilaian dan evaluasi yang dilakukan guru yaitu menggunakan tes lisan, tertulis, dan perbuatan serta pengamatan untuk mengukur keterampilan dan sikap dari peserta didik.
Kata kunci : anak berkebutuhan khusus, guru, kompetensi pedagogik
ABSTRACT
A pedagogic competence was one of the important components which had to be owned by a teacher. This pedagogic competence was important especially in the efforts of understanding the learners’ characteristics, managing learning, and developing a number of the learners’ potential effectively and optimally. This research purpose was to describe the teacher’s pedagogic competence in learning process of the special need children.
This research used qualitative approach with descriptive method. The technique of data collection was obtained through interview, observation, and documentation. The techniques of data analysis used were: data reduction, data analysis, data presenting, and verification.
Based on the research result it was known that the pedagogic competence of 6 teachers in SDLB/C Alpha Kumara Wardhana II Surabaya had reached the seven aspects determined although the learning aspect which educated and developed the learners’ potential was not reached yet. The assessment was done as the first step to recognize the characteristics of each learner. During learning, the teacher used a number of different ways but he/she rarely used media. The teacher always used some questions to keep the participation and measure the learners’ comprehension. In indicator of developing interest and talent, the teacher focused more to develop non academic ability while the assessment and evaluation done by the teacher were using oral test, written test, and behavior and observation to measure the learners’ skill and attitude.
Keywords: Special need children, teacher, pedagogic competence