Penggunaan Gaya Bahasa Pada Iklan Produk Kecantikan Berbahasa mandarin "中国美容产品广告中语言风格的运用分析"
The Use Of Language Styles in Mandarin Language Advertisement Beauty Product "中国美容产品广告中语言风格的运用分析"
Bahasa iklan memiliki karakter tersendiri khususnya, menyangkut penggunaan bahasa yang memenuhi kriteria tegas dan padat. Sehingga, maksud atau makna bahasa iklan tidak semua serta merta langsung dapat dipahami oleh penikmat atau pemirsa iklan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk gaya bahasa dan fungsinya pada iklan produk kecantikan berbahasa Mandarin. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data berupa 13 gaya bahasa pada 10 iklan berbahasa Mandarin yang diambil dari www.adzop.com. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan “Teknik Simak Bebas Libat Cakap” dengan teknik rekam dan catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu, 1) mengidentifikasi data yang berupa gaya bahasa dan penggunaannya, 2) mengklasifikasi data berupa gaya bahasa dan penggunaannya, 3) menganalisis makna yang terkandung pada data yang diperoleh, 4) mendeskripsikan hasil analisis data yang telah diperoleh, 5) menyusun laporan hasil analisis dalam bentuk artikel ilmiah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 13 data iklan produk kecantikan berbahasa Mandarin yang di teliti, 2 data mengandung gaya hiperbola, 3 data mengandung gaya retoris 3 data mengandung gaya pengulangan, 1 data mengandung gaya personifikasi, 1 data mengandung gaya antiklimaks, 1 data mengandung gaya perbandingan dan 2 data mengandung gaya metafora. Kesimpulannya dalam iklan produk kecantikan berbahasa Mandarin dominan menggunakan gaya bahasa retoris dan gaya bahasa pengulangan.
Advertisement language has its own character in particular, concerning the use of language that meets strict and solid criteria. Thus, the intent or meaning of the language of the advertisement is not all immediately understandable to the audience or viewer of advertisement. The purpose of this research is to describe form of language style and its function in advertising beauty products in Mandarin. This research uses qualitative descriptive approach. Data in the form of 14 language styles in 10 Chinese advertisement taken from www.adzop.com. Data collection techniques in this study use “Simak Bebas Libat Cakap” technique with taking notes and recording technique. Data analysis techniques in this study is, 1) identifying data in the form of language styles and application, 2) classifying data in the form of language styles and application, 3) analyzing the meaning contained in the data obtained, 4) describing the results of data analysis that has been obtained, 5) compiling the report of analysis results in the form of scientific articles. The results of this study showed that from 13 Chinese beauty product advertising data that was examined, 2 data contained hyperbole style, 3 data contained rhetorical style 3 data contained repetition style, 1 data contained style personification, 1 data contained anticlimax style, 1 data contained comparison style and 2 data contained metaphora style. In conclusion, in advertising Chinese beauty products dominantly use rhetorical language style and repetition language style.