Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis PjBL pada Keahlian Front End Web Development Berstandar Industri untuk Siswa SMK
Interactive E-Modul Development PjBL Based on Front End Web Development Skill with Industry Standard for Vocational High School Students
Platform yang dikembangkan oleh peneliti bernama Codenesa yang di dalamnya membahas mengenai materi pemrograman antarmuka situs web agar bersifat interaktif dan indah dipandang ketika pengguna mengunjungi dan mengakses situs tersebut. Codenesa berbentuk modul elektronik yang di dalamnya terdapat fitur interaktif untuk siswa agar dapat mempraktikkan sintaks - sintaks yang dijelaskan di dalamnya. Tujuan diciptakan dan dikembangkannya platform Codenesa ini adalah untuk membantu mencetak siswa SMK agar memiliki portofolio nyata sebagai bekal siswa terjun ke bidang industri digital.
Alur dari pembuatan dan pengembangan Codenesa ini melalui penemuan masalah, pengumpalan data, tahap produksi dan pengembangan platform Codenesa sendiri, tahap validasi dari dosen ahli meliputi materi dan segi produk Codenesa sebagai platform.
Hasil dari tahap validasi dosen ahli menunjukkan nilai 86,66% sedangkan nilai dari respon siswa ketika sudah menggunakan platform Codenesa sebagai media belajar menunjukkan hasil 93,13%. Selain itu yang tidak kalah penting adalah peningkatan hasil yang dilakukan ketika pretes dan posttes menunjukkan hasil yang signifikan.
Hal tersebut dapat dilihat dari rata - rata pretes siswa dengan nilai sebesar 50 dan mendapatkan nilai rata - rata posttes 81,94. Dapat disimpulkan dengan menggunakan platform Codenesa dapat meningkatkan rata - rata sebesar 31,94% dibandingkan dengan siswa yang belajar tanpa menggunakan Codenesa yang hanya dapat meningkatkan nilai rata - rata sebesar 13,66%.
Kata Kunci: E-Modul, Platform, Codenesa, Front End Web Development, Media Pembelajaran.
The platform was developed by a researcher named Codenesa which discusses about front end web development topics to give better user experience like the website interactive and user friendly interface when they visit and access the site. Codenesa is an electronic module based in which there are interactive features for students to be able to practice the syntaxes explained in this platform. The purpose of creating and developing the Codenesa platform is to help support and create senior high vocational students to have a real portfolio as a professional to debut on digital industry. The flow of the creation and development of Codenesa is through problem finding, data collection, production and development of the Codenesa platform itself, the validation stage from expert lecturers covering the material and product aspects of Codenesa as a platform. The results of the expert lecturer validation stage show a value of 86.66% while the value of student responses when using the Codenesa platform as a learning medium shows a result of 93.13%. In addition, what is no less important is the increase in results when the pretest and posttest show significant results. This can be seen from the average pretest of students with a score of 50 and getting an average posttest score of 81,94. It can be concluded that using the Codenesa platform can increase the average by 31.94% compared to students who study without using Codenesa who can only increase the average value by 13,66%.
Keywords: E-Modul, Platform, Codenesa, Front End Web Development, Learning Media