IMPLEMENTATION OF NARRATIVE GROUP COUNSELING WITH EXPRESSIVE WRITING TECHNIQUE TO IMPROVE EMOTIONAL REGULATION ABILITY IN SMP NEGERI 2 SURABAYA
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah teknik expressive writing dapat meningkatkan regulasi emosi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Surabaya. Desain penelitian menggunakan penelitian pre-Experimental one-group pretest-posttest. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu skala regulasi emosi, Uji Validitas instrumen Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan sampel 10 orang peserta didik dari kelas VIII di SMP Negeri 2 Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa teknik expressive writing dapat meningkatkan regulasi emosi peserta didik. Dibuktikan dengan skor hasil rata-rata pretest sebesar 110 dan meningkat menjadi 124
The aim of this research is to find out whether expressive writing techniques can improve emotional regulation in class VIII students at SMP Negeri 2 Surabaya. The research design uses pre-experimental one-group pretest-posttest research. The data collection instrumen used was the emotional regulation scale, instrumen validity test. This research was carried out in two cycles with a sample of 10 students from class VIII at SMP Negeri 2 Surabaya. The results of this research show that expressive writing techniques can improve students' emotional regulation. This is proven by the average pretest score of 110 and increasing to 124.
Keywords: Emotion Regulation, Expressive Writing