PENERAPAN KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA SEKOLAH PADA PENDIDIKAN DASAR DI MASA PANDEMI COVID-19
THE APPLICATION OF VISIONARY LEADERSHIP OF SCHOOL PRINCIPALS IN ELEMENTARY EDUCATION DURING THE COVID-19 PANDEMIC
Abstrak
Gaya kepemimpinan visioner menitik beratkan pada kemampuan kepala sekolah dalam membuat sebuah visi sekolah yang berorientasi pada masa depan yang akan membawa perubahan dan menjadi penentu arah organisasi. Artikel ilmiah ini untuk menggagas cara penerapan kepemimpinan visioner pada pendidikan dasar di masa pandemi Covid-19. Metode yang di gunakan ialah metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur dan sebagai sumber informasi berupa data-data sekunder untuk mengkaji dan menganalisis 20 artikel jurnal, kemudian dikuatkan dengan adanya sumber dari 10 buku, yang akhirnya memunculkan arugumen ilmiah dari penulis. Pemakaian metode tersebut dilatarbelakangi oleh situasi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung sehingga memberikan hambatan terhadap penulis untuk bisa terjun di lapangan. Dari hasil telaah jurnal dan beberapa referensi di temukan, bahwa : (1) Kepemimpinan visioner adalah kepemimpinan yang kinerja pokoknya berfokus dengan menentukan sebuah visi yang telah dirancang untuk masa depan; (2) Pendidikan dasar adalah pendidikan yang diselenggarakan selama enam tahun bagi anak-anak usia 6-12 tahun; (3) Pendidikan di masa pandemi covid adalah metode pendidikan yang telah disesuaikan dengan tuntutan keadaan pada masa pandemi covid-19 dan umumnya dilaksanakan dengan secara daring atau tidak tatap muka; (4) Penerapan kepemimpinan visioner pada pendidikan dasar di masa pandemi covid-19 ialah proses pengimplementasian prinsip-prinsip kepemimpinan kepala sekolah visioner yakni : (a) Memandang jauh kedepam; (b) memiliki visi yang jelas; (c) mengajak semua elemen dalam sekolah berkontribusi mewujudkan visi tersebut.
Kata kunci : Kepemimpinan Visioner, Pendidikan Dasar, Pendidikan di era Covid-19.
Abstract
Visionary leadership styles point to the headmaster's ability to create a future-oriented vision of a school that will bring about changes and be a guide to the organization's direction. This scientific article designed the way to apply visionary leadership to elementary education at the time of the covid-19 pandemic. A method used for literature studies as a source of secondary data to review and analyze 20 journal articles, then reinforce with the source of 10 books, which eventually gives rise to the scientific arugumen of the author. Their use of the method against the background of the ongoing covid-19 pandemic situation has led to some resistance against the writer in the field. From the results of a journal study and several references found, that: (1) visionary leadership is the underlying leadership focused by determining a vision that has been designed for the future; (2) a basic education is an education that is held for six years for children of 6-12 years; (3) education during the pandemic of the covid is a method of education that has been adjusted to the requirements of the conditions of the harshcovid-19 and is generally implemented online or indirectly. (4) the application of visionary leadership to basic education at selecvid-19 is the process of implementing the principal visionary school's leadership principles: (a) looking far into the distance; (b) had clear vision; (c) getting all the elements in the school contributes to realizing that vision.
Keywords : Visionary Leadership, Primary Education, Education in the Covid-19 era.