ABSTRAK
Lestari, Rani Eka Ayu. 2019. Lagu sebagai Materi Otentik untuk Mendukung Siswa Berpikir Kritis di SMA. Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: Ririn Pusparini, S.Pd., M. Pd.
Kata kunci: Lagu, Materi Otentik, Siswa Berpikir Kritis.
Pada saat ini, berpikir kritis telah menjadi fokus terbesar karena berpikir kritis adalah kemampuan terpenting yang harus dikuasai oleh murid yang mempelajari Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua. Tidak mudah bagi guru untuk mendorong siswa untuk berpikir kritis. Guru harus menemukan teknik dan stumulasi yang baik untuk memancing siswa berpikir kritis. Rencana pembelajarn yang dipersiapkan dengan baik dan materi yang sesuai juga dibutuhkan untuk menunjang siswa berpikir kritis. Salah satu materi yang sesuai yang dapat digunakan untuk menunjang siswa berpikir kritis adalah lagu. Sejak menyadari bahwa lagu sangat mempengaruhi kehidupan manusia, banyak guru berusaha untuk menggunakannya sebagai media belajar. Lagu sering digunakan oleh guru Bahasa Inggris sebagai media untuk mengajar kemampuan mendengarkan di kelas. Akan tetapi, di kurikulum 2013, lagu telah menjadi salah satu KD karena ditemukan bahwa lagu memiliki banyak manfaat untuk murid yang mempelajari Bahasa Inggris. Selain itu, lagu dapat menjadi materi otentik untuk mendukung kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini diaplikasikan pada murid kelas sepuluh SMA dan dideskripsikan secara kualitatif. Peneliti memperoleh data dengan mengadakan observasi, memberi soal pada murid dan melakukan interview. Peneliti juga menggunakan catatan lapangan, hasil kerja siswa, dan interview sebagain instrumen. Menurut data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa kegiatan belajar mengajar berjalan dengan baik. Akan tetapi, guru tidak menggunakan strategi untuk mengadakan berpikir kritis secara lengkap sehingga murid tidak mampu untuk berpikir kritis dengan maksimal. Walaupun murid mendapat nilai minimal menurut rubrik berpikir kritis, mereka mendapat nilai yang lebih tinggi menurut rubrik kemampuan menulis. Namun, sebagian besar murid mengatakan bahwa mempelajari lagu sebagai material otentik sangat menyenangkan. Mereka juga mengatakan bahwa lagu dapat menjadi alternatif untuk membantu mereka mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris.
ABSTRACT
Lestari, Rani Eka Ayu. 2019. Song as an Authentic Material to Support Students’ Critical Thinking in Senior High School. English Education Department, State University of Surabaya. Advisor: Ririn Pusparini, S.Pd., M. Pd.
Keywords: Song, Authentic Material, Students’ Critical Thinking.
Nowadays, critical thinking becomes the biggest point to focus on because it is one of the most important skill that has to be mastered by the students who learn English as the second language. It is not easy for teachers to encourage students to think critically. Teachers have to find good techniques and stimulation to stimulate students’ critical thinking. Well-prepared lesson plan and a suitable material are also needed to support their critical thinking. One of suitable materials that can be used to support students’ critical thinking is song. Since realizing that song really affected people’s lives, many teachers tried using it as a learning media. Song was frequently used by English teacher as a media to teach listening skill in class. However, in curriculum 2013, song became one of basic competences because it was found that song has many benefits for students who learn English. Besides, song can be an authentic material to support students’ critical thinking. This study was applied to the tenth graders of Senior High School and described using qualitative design. Researcher collected the data by conducting an observation, giving the students tasks, and doing an interview. Researcher also used field notes, students’ work results, and interview as the instruments. Based on the data, it could be seen that the teaching and learning activity was running well. However, the teacher did not use the strategies to conduct critical thinking completely so that the students could not use their critical thinking maximally. Although the students got standard scores based on critical thinking rubric, they got better scores according to writing rubric. Nevertheless, most of the students said that learning song as a material was fun and enjoyable. They also said that song can be a suitable way to help them mastering English skills.