EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY PADA TEKNIK PEMESINAN UNTUK SISWA SMK
EFFECTIVENESS OF TEACHING FACTORY LEARNING IN MECHANICAL ENGINEERING FOR VOCATIONAL SCHOOL STUDENTS
Teaching Factory adalah pembelajaran tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk menghasilkan siswa yang siap kerja di industri maupun berwirausaha. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menganalisis keefektifan pembelajaran Teaching Factory terhadap siswa SMK pada Teknik Pemesinan agar menjadi lulusan yang siap kerja maupun mampu berwirausaha untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan standar industri. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur melalui berbagai artikel atau jurnal terkait dengan pembelajaran Teaching Factory untuk siswa SMK. Penelitian ini menganalisis 10 artikel dengan hasil penelitiannya adalah 5 artikel memuat tujuan untuk membentuk siswa yang siap kerja, 4 artikel dengan tujuan meningkatkan minat wirausaha bagi siswa, dan 1 artikel yang bertujuan membentuk siswa yang siap kerja dan mampu berwirausaha. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran Teaching Factory efektif diterapkan untuk siswa SMK agar mereka siap kerja melalui program magang dan atau mampu berwirausaha untuk menghasilkan produk secara mandiri sesuai dengan standar industri dengan dukungan sarana dan prasarana yang disiapkan oleh sekolah.
Kata kunci: Pembelajaran Teaching Factory, Siap Kerja, Teknik Pemesinan, Wirausaha.