Penggunaan Game Digital Dalam Penguasaan Kosakata Anak Tunarungu
The Use of Digital Games in Mastering the Vocabulary of Deaf Children
Dampak ketunarunguan mengakibatkan terhambatnya keterampilan berbahasa. Adanya hambatan itu berakibat terhadap intelegensi, emosi, dan sosial. Untuk mengatasi hal tersebut, perlu terampil berbahasa khususnya belajar kosakata. Dalam pembelajaran kosakata diperlukan media pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik anak. Penggunaan game digital dipandang sebagai salah satu media pembelajaran yang sesuai dengan anak tunarungu. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan penggunaan game digital untuk meningkatkan penguasaan kosakata anak tunarungu. Metode penelitian yang digunakan literatur riview dengan telaah kepustakaan dari buku dan artikel, selanjutnya dianalisis dengan metode kualitatif deskriptif untuk menyelesaikan masalah. Hasil analisis literatur review bahwa penggunaan game digital berbasis computer maupun android efektif dalam pembelajaran keterampilan bahasa anak normal, khususnya memberikan pengaruh positif terhadap penguasaan kosakata anak tunarungu dan anak berkebutuhan khusus lainnya. Di samping, game digital yang interaktif memberikan dampak positif menurunkan tekanan jiwa individu dalam belajar, mampu memotivasi dan ketertarikan serta menyenangkan dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: Anak tunarungu, Kosakata, Game digital
The impact of deafness results in the inhibition of language skills. The existence of these barriers resulted in intelligence, emotion, and social. To overcome this, it is necessary to be proficient in language learning vocabulary. In learning vocabulary, learning media is needed that is adapted to the characteristics of the child. The use of digital games is seen as one of the appropriate learning media for deaf children. The purpose of the study was to describe the use of digital games to improve the vocabulary mastery of deaf children. The research method used was a literature review by reviewing literature from books and articles, then analyzed by qualitative descriptive methods to solve problems. The results of the literature review analysis show that the use of computer-based and android-based digital games is effective in learning the language skills of normal children, especially giving a positive influence on the vocabulary mastery of deaf and other children with special needs. In addition, interactive digital games have a positive impact on reducing individual mental stress in learning, are able to motivate and interest and are fun in the learning process.
Keyword: Deaf Children, Vocabulary, Digital Games