PENGEMBANGAN KONTEN INSTAGRAM "KOPI REMPONG" SEBAGAI MEDIA PROMOSI
Kedai Kopi Rempong merupakan salah satu kedai kopi yang memiliki jaringan sosial dengan para pegiat seni yang ada di Kabupaten Sidoarjo. Namun konten Instagram yang digunakan sebagai media promosinya belum dikelola secara maksimal. Berdasarkan hasil penyebaran kuesioner kepada 25 pelanggan didapatkan penilaian bahwa konten yang disajikan kurang menarik karena kurang memperhatikan prinsip desain. Penelitian ini bertujuan mengembangkan konten Instagram yang terkonsep sebagai media promosi Kedai Kopi Rempong. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan metode penelitian design thinking lima tahap menurut Kelley & Brown, yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan test. Penelitiann ini menggunakan analisis SWOT untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Desain yang dihasilkan berupa desain feed, story, dan cover highlight, serta terdapat pula media pendukung berupa social media guideline. Hasil penelitian diuji coba kepada 39 responden, mendapatkan skor 88,6% tergolong dalam kategori kelayakan sangat baik dengan hasil yang menunjukkan bahwa desain yang mencerminkan karakter dari Kedai Kopi Rempong, mudah dibaca, dan lebih informatif dibanding desain konten sebelumnya.
Kedai Kopi Rempong is one of the coffee shops that has a social network with art activists in Sidoarjo Regency. However, the Instagram content used as a promotional media has not been managed optimally. Based on the results of distributing questionnaires to 25 customers, it was assessed that the content presented was less interesting because it did not pay attention to design principles. This study aims to develop Instagram content that is conceptualized as a promotional media for Kedai Kopi Rempong. This study is a qualitative study with a five-stage design thinking research method according to Kelley & Brown, namely empathize, define, ideate, prototype, and test. This study uses SWOT analysis to identify strengths, weaknesses, opportunities, and threats. The resulting designs are in the form of feed, story, and cover highlight designs, and there are also supporting media in the form of social media guidelines. The results of the study were tested on 39 respondents, getting a score of 88.6% included in the very good feasibility category with results showing that the design reflects the character of Kedai Kopi Rempong, is easy to read, and is more informative than the previous content design.